Wednesday, 13 Safar 1442 / 30 September 2020

Wednesday, 13 Safar 1442 / 30 September 2020

Gubernur Sumbar akan Berangkat ke Mesir Lobi Kuota Mahasiswa

Selasa 17 Dec 2019 22:12 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, tengah berupaya melobi kuota mahasiswa Sumbar di al-Azhar Mesir. Foto Irwan Prayitno, Gubernur Sumatra Barat

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, tengah berupaya melobi kuota mahasiswa Sumbar di al-Azhar Mesir. Foto Irwan Prayitno, Gubernur Sumatra Barat

Foto: Republika/Wihdan
Gubernur Sumbar berencana temui Grand Syekh al-Azhar.

IHRAM.CO.ID, PADANG— Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, berencana untuk berangkat ke Kairo, Mesir pada akhir Desember 2019. Keberangkatan ini untuk melobi tambahan kuota pelajar asal provinsi itu untuk bisa masuk kuliah di Universitas al-Azhar.

Baca Juga

"Di sana nanti bertemu dengan Grand Syekh al-Azhar untuk meningkatkan jumlah siswa dari Sumbar masuk ke al-Azhar," katanya di Padang, Selasa (17/12).

Menurutnya, hal itu sangat positif dan akan membantu pelajar asal Sumbar untuk bisa menimba ilmu di Al-Azhar. Kalau tidak jadi pergi, mungkin tidak terealisasi.

Rencana kepergian gubernur ke Mesir itu di tengah "badai" wacana interpelasi terhadap perjalanan luar negerinya yang dinilai terlalu sering.

Irwan mengatakan akan terus memanfaatkan semua peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk dengan "menjemput bola" ke luar negeri.

Dia menilai untuk Sumbar yang memiliki APBD hanya Rp7,2 triliun dan hampir seluruhnya telah memiliki pos anggaran, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat selain mencari alternatif lain.

Alternatif itu berupa kerjasama dan investasi pihak luar. Uangnya nanti akan berputar di Sumbar sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta memacu pembangunan daerah.

Namun pandangan tersebut tidak diamini oleh semua pihak, salah satunya Partai Gerindra yang menginisiasi penggunaan hak interpelasi, meminta penjelasan pada gubernur. Wacana itu tengah bergulir dan bila mendapatkan dukungan dari partai lain sesuai aturan akan segera digelar di DPRD Sumbar. 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA