Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Gibran Ingin Ikuti Jejak Sang Ayah

Gibran menunggu restu dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Rabu 18 Dec 2019 00:05 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Gibran memutuskan maju bersaing di Pilkada.

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka telah secara resmi mendaftarkan diri menjadi bakal calon wali kota Surakarta/Solo lewat jalur PDIP.  Ia ingin mengikuti jejak ayahnya yang terlebih dahulu memimpin kota tersebut.

Namun langkah Gibran tentu tidaklah mudah mengingat pengalaman politiknya yang masih sangat minim. Gibran kini menunggu putusan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, apakah ia mendapat restu atau tidak.

Berikut sosok dan sepak terjang Gibran;

1. Sosok Gibran

- Gibran merupakan pria kelahiran 1 Oktober 1987 (32 tahun) yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo.

- Gibran melanjutkan sekolah menengah di Singapura dan sempat mengeyam studi di Sydney Australia. Ia lulus kuliah di Australia pada 2020.

- Gibran menikah pada 2015 dan kini memiliki dua orang anak yakni Jan Ethes Srinarenda dan La Lembah Manah. La Lembah baru saja lahir pada 15 November 2019 lalu.

2.  Membangun Bisnis

- Pada Desember 2010 Gibran membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari. Layanan katering itu tak hanya melayani resepsi pernikahan, tapi acara meeting dan wisuda.

- Gibran juga mendirikan perusahaan kuliner martabak Markobar pada akhir 2015 lalu. Kini Markobar setidaknya sudah memiliki 29 cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

3. Maju Pilkada

- Gibran sempat enggan ikut aktif diperpolitikan pada 2017 lalu.

- Pada 18 September, Gibran menemui Wali Kota Solo yang juga politikus senior PDIP FX Hadi Rudyatmo. Gibran bertanya cara atau mekanisme pencalonan wali kota.

.- Pada 24 Oktober, Gibran bersilaturahmi ke kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta. Pertemuan membahas pilkada Solo.

- Pada 26 November relawan pendukung Gibran bermunculan. Sebanyak 26 organisasi disebut siap dukung Gibran,

- Pada awal Desember, sejumlah spanduk yang mendukung Gibran bermunculan di beberapa titik di Kota Solo.

- Pada 12 Desember, Gibran resmi mendaftar pencalonannya ke DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah di Semarang. Kini nasibnya tingga menunggu keputusan Megawati.


Sumber : Republika/Berbagai sumber diolah
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA