Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Survei: Pemilih PDIP Terbelah Antara Gibran dan Pejawat

Senin 16 Dec 2019 17:38 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Esthi Maharani

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (tengah) berjalan menuju Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah untuk mengembalikan formulir pendaftaran pencalonan sebagai Wali Kota Surakarta di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019).

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (tengah) berjalan menuju Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah untuk mengembalikan formulir pendaftaran pencalonan sebagai Wali Kota Surakarta di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019).

Foto: R. REKOTOMO/ANTARA FOTO
Pemilih PDIP yang memilih pejawat sebesar 43,7 persen, sedangkan Gibran 36,7 persen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga survei Median menyatakan, pemilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) relatif terbelah pilihannya antara putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan pejawat Achmad Purnomo yang kini Wakil Wali Kota Solo. Pemilih PDIP yang memilih Purnomo sebesar 43,7 persen, sedangkan yang memilih Gibran sebanyak 36,7 persen.

"Di PDIP ada keterbelahan yang sangat besar di Kota Solo, dari 100 persen pemilih PDIP di Kota Solo, itu 43,7 persen pilih Achmad Purnomo," ujar Direktur Utama Median Rico Marbun saat konferensi pers di kawasan Jakarta Pusat, Senin (16/12).

Diketahui Gibran telah mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo melalui DPD PDIP Jawa Tengah pada Kamis (12/12) lalu. Sedangkan Achmad Purnomo yang berpasangan dengan Teguh Prakosa diusung DPC PDIP Solo melalui penjaringan tertutup di tingkat Ranting hingga Pengurus Anak Cabang (PAC).

"Seperti kita tahu DPC Kota Solo sudah memiliki pasangan jagoan sendiri. Bukan hanya kandidat, tapi berupa pasangan. Tapi kali bisa dilihat di sini, konstituen PDIP terbelah di sini. Hampir separuhnya pilih Achmad Purnomo, hampir separuhnya juga pilih Gibran," tutur Rico.

Selain PDIP, Median juga menyisir pemilih dari partai lainnya. Temuan menarik menyatakan bahwa pemilih Partai Demokrat cenderung memilih Gibran di Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) 2020 sebanyak 50 persen, lainnya 25 persen, dan 25 persen lagi tidak menjawab.

Sementara pemilih Partai Gerindra yang menentukan pilihannya untuk Gibran cukup besar yaitu 31,8 persen dan 43,2 persen untuk Achmad Purnomo. Pemilih partai lain yang juga cukup besar memilih Gibran adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKS) sebanyak 42,9 persen dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebesar 50 persen.

Median melakukan survei tersebut pada 3-9 Desember 2019 terhadap 800 responden yang merupakan warga Solo pemilik hak pilih. Survei menggunakan multistage random samplingdengan margin of error kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA