Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Barca dan Madrid di Puncak La Liga Jelang El Clasico

Senin 16 Dec 2019 11:14 WIB

Red: Andri Saubani

Karim Benzema saat mencetak gol ke gawang Valencia, Ahad Malam.

Karim Benzema saat mencetak gol ke gawang Valencia, Ahad Malam.

Foto: EPA-EU
Barca dan Madrid sama-sama mengoleksi 35 poin sebelum laga El Clasico.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Antara, Muhammad Ikhwanuddin, Eko Supriyadi

Baca Juga

Karim Benzema menjadi pahlawan bagi Real Madrid berkat golnya pada menit-menit akhir babak kedua untuk menyelamatkan Los Blancos dari kekalahan saat bertandang ke markas Valencia di Stadion Mestalla, Senin (16/12) dini hari WIB. Pertandingan yang berakhir dengan kedudukan 1-1 itu menjadi penutup dari rangkaian pertandingan Liga Spanyol pekan ke-17.

Real Madrid langsung menggebrak pertahanan Valencia di awal-awal laga. Kerja sama Karim Benzema dan Federico Valverde lewat umpan satu dua yang diakhiri tendangan Valverde di luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Jaume Domenech.

Giliran Benzema lewat tandukannya yang mengancam gawang Valencia. Namun sayang, bola masih menyamping di tiang gawang.

Valencia baru memperoleh kesempatan menyerang saat waktu menunjukkan menit ke-18. Skema serangan balik lewat aksi Ferran Torres yang diakhiri sepakan keras di luar kotak penalti, masih bisa diamankan Thibaut Courtuis.

Meski menguasai jalannya laga, serangan-serangan Madrid selalu mentah saat memasuki garis 16 pas Valencia. Benzema, Rodrygo, dan Isco beberapa kali melancarkan serangan namun hasilnya tetap nirgol hingga babak pertama berakhir.

Ferran Torres menjadi pemain yang kerap merepotkan lini pertahanan Madrid. Percobaannya sepakan di awal babak kedua masih bisa diselamatkan Courtois.

Madrid baru mendapatkan peluang lagi saat waktu menunjukkan menit ke-58. Menerima umpan Luka Modric, sepakan Karim Benzema masih bisa diblok pertahanan tuan rumah.

Dua menit berselang, Isco hampir merobek gawang Valencia jika saja sundulannya menerima umpan silang Rodrygo tak menyamping di sisi kiri gawang. Real Madrid justru kecolongan pada menit ke-78. Menerima umpan Daniel Waas, sepakan Carlos Soler di dalam kotak penalti membuat publik tuan rumah bergemuruh.

Seusai gol tersebut, Real Madrid semakin gencar melakukan serangan. Gareth Bale mendapat peluang lewat tendangan bebas, namun masih bisa di blok.

Saat pertandingan dirasa akan berakhir 1-0 untuk kemenangan Valencia, Karim Benzema menjadi aktor antagonis bagi kubu tuan rumah saat golnya di menit 90+5 membuyarkan kemenangan di depan mata. Berawal dari kemelut di dalam kotak penalti, Jaume Domenech gagal melakukan sapuan sempurna. Bola liar kemudian disambar Benzema untuk membawa kedudukan kembali imbang 1-1.

[video] Gol-gol Valencia vs Real Madrid

Raihan satu poin membuat Madrid gagal menggeser Barcelona di puncak klasemen. Dengan hasil ini, Barca dan Madrid sama-sama mengantongi 35 poin, namun El Real kalah selisih gol.

Sehari sebelumnya, Barcelona hanya mampu bermain imbang menghadapi Real Sociedad dengan skor 2-2 di Stadion Anoeta, Sabtu (14/12) malam WIB. Pada laga itu, Barca sebenarnya sempat unggul 1-2 sampai menit ke-62, sebelum, Alexander Isak berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan kaki kirinya.

Sebelumnya, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane menyatakan tak khawatir Barcelona memiliki waktu istirahat lebih panjang dibandingkan timnya jelang El Classico, yang akan digelar pada Kamis (19/12) dini hari WIB. Laga paling menyita perhatian di Spanyol itu sebelumnya sudah mengalami penundaan ketika terjadi unjuk rasa di Katalonia, September lalu.

"Penyelenggara La Liga yang mengatur jadwal. Bukan saya yang memilihnya dan kami harus menghargai jadwal," katanya seperti dilansir Marca.

Gelombang protes yang terjadi di Barcelona tersebut membuat jadwal laga El Clasico baru ini terancam berubah kembali. Namun, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu menegaskan kalau pertandingan paling ditunggu di Spanyol dan dunia ini tak akan mundur lagi.

"El Clasico tak akan ditunda lagi. Pertandingan akan dimainkan, dan itu tanggung jawab kami semua untuk bermain," ucap Bartomeu, dikutip dari Marca, Jumat (13/12).

Menurutnya, meski saat ini kota Barcelona sedang krisis politik, namun itu tak akan berpengaruh terhadap sepak bola. Sebab siapapun yang akan datang akan dituntut untuk damai. Sebab, lanjut dia, El Clacico harus menjadi perayaan dalam olahraga.

"Harus ada kedamaian (dalam El Clasico)," tegas Bartomeu.

El Clasico pertama musim ini diprediksi akan berlangsung panas. Sebab, hasil dari pertandingan ini akan berpengaruh terhadap siapa yang akan memuncaki klasemen La Liga. Kedua tim kini sama-sama mengoleksi 35 angka di tabel klasemen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA