Rabu 11 Dec 2019 16:27 WIB

UNS Miliki Taman Literasi

Taman Literasi merupakan hibah dari BNI senilai Rp 261 juta.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Membaca buku. Ilustrasi
Foto: Boldsky
Membaca buku. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kini memiliki Taman Literasi untuk mendukung pelayanan Perpustakaan kampus tersebut. Taman Literasi UNS-BNI yang terletak di sebelah barat gedung UPT Perpusatakaan UNS tersebut diresmikan oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho, Rabu (11/12).

Taman Literasi tersebut berupa empat buah gazebo yang terbuat dari kayu serta satu buah pendopo di bagian tengah. Taman tersebut merupakan hibah dari BNI melalui program tanggung jawan sosial perusahaan (CSR) senilai Rp 261 juta.

Baca Juga

Rektor UNS Jamal Wiwoho berharap adanya Taman Literasi tersebut bisa dimanfaatkan oleh sivitas akademika UNS dengan sebaik-baiknya. Taman Literasi tersebut bertujuan memberikan tambahan akses pelayanan dari Perpustakaan UNS.

"Di sampingnya ada pelayanan perpustakaan secara konvensional, ini tindakan memberikan tambahan layanan dimana Taman Literasi bisa digunakan untuk mengakses digital literation," ucap Jamal di acara tersebut.

Jamal berharap, taman tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendiskiusikan kasus-kasus tertentu, maupun bahan-bahan kuliah yang diberikan dosen. Terlebih, UNS sudah memiliki perpusatakaan digital atau digital library yang bisa diakses menggunakan internet.

"Misal yang bosan membaca di dalam Perpustakaan, bisa beralih ke Taman Literasi. Di Taman Literasi ini suasananya sangat nyaman, sejuk dan tentunya tidak membosankan. Tidak menutup kemungkinan sekali-kali ada kuliah dosen yang digelar di sini," ucap Jamal.

Kepala UPT Perpustakaan UNS, Burhanudin Harahap menambahkan, Taman Literasi merupakan bagian dari usaha untuk meningkatkan layanan kepala pengguna Perpustakaan khususnya civitas akademika UNS. Sebab, semakin hari layanan yang dibutuhkan terutama layanan lewat internet semakin tinggi. Dia memperkirakan hampir ribuan mahasiswa yang setiap hari mengakses layanan Perpusatakaan UNS melalui internet.

"Dengan adanya Taman Literasi ini mahasiswa bisa dengan mudah mengakses buku-buku elektronik dan juga jurnal dengan suasana yang sejuk. Dan tentunya free wifi sehingga dengan mudah mahasiswa mengakses layanan internet," ucap Burhanudin.

Sementara itu, Head of Regional BNI Yogyakarta, Muhammad Hisyam mengatakan hibah Taman Literasi tersebut bagian dari kepedulian BNI tehadap dunia pendidikan. Dia berharap, kerjasama antara UNS dengan BNI setiap tahun terus meningkat.

"Selain UNS, kami juga melakukan yang sama di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Jenderal Soedirman, tapi namanya beda-beda, ada co working space," kata Hisyam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement