Senin 16 Dec 2019 15:30 WIB

Hyundai Hadirkan Mobil Listrik di Indonesia

Hyundai IONIQ Electric sendiri adalah generasi penerus kendaraan ramah lingkungan.

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Muhammad Hafil
Hyundai
Foto: EPA
Hyundai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Grab Indonesia meluncurkan Hyundai IONIQ Electric yang akan dioperasikan sebagai layanan mobilitas bagi masyarakat. Kehadiran Hyundai IONIQ Electric juga menandai awal perjalanan Hyundai dan Grab Indonesia untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan lewat electric vehicle (EV).

Presiden Direktur HMMI, Yoon Seok Choi mengatakan, pada tahap awal kemitraan, Grab Indonesia akan mengoperasikan 20 unit Hyundai IONIQ Electric di DKI Jakarta pada awal tahun 2020 mendatang. “Ini jadi wujud komitmen kami dalam memperkuat sektor otomotif Indonesia melalui pengembangan pusat manufaktur ASEAN pertama di negara ini, serta menjajaki peluang memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai,” kata Yoon Seok Choi dalam keterangan pers kepada Republika pada Sabtu (14/12).

Baca Juga

Selain itu, lanjutnya, investasi dan pembangunan tersebut akan memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional dengan membuka lebih dari 23 ribu lapangan kerja baru, baik secara langsung maupun tidak langsung, serta pusat penelitian dan pengembangan.

Kemitraan dengan Grab juga akan berkontribusi untuk memelihara ekosistem EV Indonesia, membangun lingkungan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kepemimpinannya dalam teknologi clean mobility. Menurutnya, ekosistem EV yang mapan di negara ini nantinya akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan sektor industri EV termasuk listrik, stasiun pengisian daya, baterai, suku cadang EV, bahan baku, dan lainnya.

Hyundai pun berkomitmen untuk melakukan penilaian yang komprehensif untuk menciptakan kontribusi signifikan terhadap perkembangan tersebut.

Hyundai IONIQ Electric sendiri adalah generasi penerus kendaraan ramah lingkungan menarik dari Hyundai yang merupakan kombinasi dari inovasi, kecanggihan dan kinerja. Hyundai IONIQ Electric memiliki kapasitas baterai 38,3 kWh dan dapat diisi ulang hingga 80 persen hanya dalam 57 menit dengan fast-charging (50- kW). Ketika baterai terisi penuh, Hyundai IONIQ Electric mampu menempuh jarak mengemudi hingga 373 kilometer.

“Kami berkomitmen untuk memimpin elektrifikasi di bawah Strategi 2025 dengan fokus pada penyajian produk dan layanan yang paling diinginkan oleh pelanggan. Kami merasa terhormat atas kemitraan dengan Grab ini, yang disertai dukungan dari pemerintah dalam merangkul masa depan mobilitas dengan kendaraan listrik. Indonesia adalah pasar besar dan kami akan melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan negara ini dengan masa depan,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement