Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

7 Cara Perawatan Rutin Untuk Rambut Berminyak

Senin 16 Dec 2019 10:10 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: today.com

Foto: today.com

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah rambut berminyak. Anda pun bisa melakukannya di rumah tanpa harus ke salon. Seperti apa cara merawatnya?

Rambut berminyak merupakan permasalahan yang hampir semua orang mengalaminya. Kondisi ini sering kali membuat penampilan jadi tidak menarik. Biasanya cara mengatasi rambut berminyak dengan keramas setiap hari atau menggunakan sampo khusus untuk memberi efek rambut lebih mengembang. 

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah rambut berminyak. Anda pun bisa melakukannya di rumah tanpa harus ke salon. Seperti apa cara merawatnya?

Cuci rambut dua hari sekali

Kulit kepala yang berminyak lebih mudah kotor, sehingga rentan akan timbulnya ketombe. Anda tidak perlu menyucinya setiap hari, cukup dua hari sekali dengan sampo khusus untuk rambut berminyak. Jika Anda menggunakan kondisioner, aplikasikan hanya pada bagian ujung rambut, bila terkena kulit kepala akan membuatnya semakin lepek.

Pakai sampo formula ringan

Rambut Anda berminyak baiknya pakai sampo dengan formula lembut (mild) dibandingkan dengan sampo untuk rambut normal cenderung kering. Tujuan menggunakan sampo jenis ini agar kulit kepala dapat mengurangi produksi minyak berlebih. 

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Bikin Rambut Jadi Tebal

Hindari produk mengandung silikon

Saat ingin membeli produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, masker, creambath coba cek kembali apakah produk tersebut mengandung silikon? Jika ada, maka hindaei produk tersebut. Silikon dapat merangsang produksi minyak pada kulit kepala yang membuat debu dan polusi lebih mudah menempel. 

Jangan gunakan serum rambut

Jika Anda berpikir menggunakan serum rambut adalah salah satu cara perawatan rutin untuk rambut berminyak, Anda keliru. Serum rambut memang berfungsi untuk menutrisi kulit, namun jika digunakan pada kulit kepala rambut yang berminyak, maka rambut akan terlihat semakin lepek.

Gunakan lidah buaya

Lidah buaya kaya akan kandungan air dan vitamin, sehingga akan membantu menyerap minyak dari kulit kepala dan rambut serta membuatnya nampak lebih lebat dan berkilau. Caranya mudah, ambil lidah buaya secukupnya, kupas, cuci, lalu haluskan. Oleskan merata pada rambut lalu diamkan kurang lebih 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Gunakan perasan air lemon

Lemon yang bersifat asam dapat membantu menyerap minyak berlebih dari kulit kepala dan rambut serta membasmi ketombe. Hangatkan 1-2 buah lemon dalam microwave, atau panaskan sebentar dalam kukusan, kemudian peras hingga semua airnya keluar. Oleskan secara menyeluruh pada kulit kepala dan rambut. Diamkan sebentar, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan perasan lemon ini dua kali dalam seminggu. 

Rajin bersihkan sisir

Sisir yang tidak dicuci secara rutin akan membuat minyak, debu, dan kotoran menumpuk, sehingga menyebabkan rambut Anda semakin bermasalah. Cuci sisir atau rendam dalam larutan air hangat dan sabun, kemudian sikat hingga bersih. 

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA