Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Sejumlah Pohon Tumbang Diterjang Angin di Kediri

Jumat 13 Dec 2019 05:38 WIB

Red: Ani Nursalikah

Sejumlah Pohon Tumbang Diterjang Angin di Kediri. Foto ilustrasi petugas memotong kayu dari pohon yang menimpa musala untuk mencari korban di kawasan wisata Sumber Jiput, Kota Kediri, Jawa Timur.

Sejumlah Pohon Tumbang Diterjang Angin di Kediri. Foto ilustrasi petugas memotong kayu dari pohon yang menimpa musala untuk mencari korban di kawasan wisata Sumber Jiput, Kota Kediri, Jawa Timur.

Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Terjangan angin terjadi setelah hujan deras di Kediri.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Sejumlah pohon di Kota Kediri, Jawa Timur tumbang akibat terjangan angin kencang yang terjadi sesaat setelah hujan deras melanda, Kamis (12/12).

"Tadi hujan lebat disertai dengan angin kencang di beberapa wilayah Kota Kediri mengakibatkan pohon tumbang dan bencana lainnya," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri Adi Sutrisno, Kamis.

Beberapa titik itu, misalnya di sekitar kampus Universitas Islam Kediri (Uniska) terdapat pohon tumbang. Di perempatan Nabatiyasa terdapat baliho rusak.

Di Kecamatan Pesantren, terjadi pohon tumbang di area GOR Jayabaya Kediri, di Jalan Kantil yang berada di Kelurahan Banjarmlati, di Jalan Raung Kediri, serta depan kantor Kelurahan Banjarmlati.

"Kalau kerugian materil dan nonmateril masih kami hitung. Yang jelas, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata dia.

Awal pekan lalu, juga terjadi angin kencang yang disertai dengan hujan lebat mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Bahkan, sejumlah kendaraan dan warung pedagang rusak tertimpa pohon tumbang tersebut.

Selain itu, terdapat seorang meninggal dunia dan lainnya terluka setelah warung yang mereka singgahi tertimpa pohon. Korban dibawa ke RSUD Gambiran Kediri untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

BPBD Kota Kediri juga sudah melakukan imbauan untuk memangkas ranting pohon, terutama di sekitar rumah yang berpotensi tumbang saat hujan deras. BMKG juga sudah meminta warga berhati-hati terhadap berbagai ancaman bencana. Beberapa potensi itu seperti yang dikatakan oleh BMKG, yakni turunnya hujan lebat disertai petir, angin ribut, angin kencang, dan hujan es.  Warga diminta berhati-hati ketika hujan deras dengan berteduh di tempat yang aman.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA