Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

LPTQ Kalbar Diminta Sukseskan Program 5.000 Hafiz Alquran

Kamis 12 Dec 2019 20:28 WIB

Red: Ani Nursalikah

LPTQ Kalbar Diminta Sukseskan Program 5.000 Hafiz Alquran. Foto ilustrasi sejumlah santri mengikuti kegiatan menghafal Alquran (Hafiz Quran).

LPTQ Kalbar Diminta Sukseskan Program 5.000 Hafiz Alquran. Foto ilustrasi sejumlah santri mengikuti kegiatan menghafal Alquran (Hafiz Quran).

Foto: Antara/Adeng Bustomi
Para penghafal (hafiz) Alquran itu nantinya akan disebar di masjid se-Kalbar .

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji mengharapkan kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalbar yang baru dapat bersinergi menyukseskan program 5.000 hafiz dan hafizah Alquran selama masa pemerintahannya.

"Di bawah kepemimpinan Pak Andi Musa pada LPTQ Kalbar, saya mengajak bersama-sama bersinergi dalam menyukseskan berbagai program keagamaan di Kalbar, khususnya penciptaan 5.000 hafiz Quran," kata Sutarmidji saat menghadiri pelantikan pengurus LPTQ Kalbar di Pontianak, Kamis (12/12).

Menurutnya, penciptaan 5.000 hafiz memang merupakan salah satu program Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di bawah kepemimpinan Sutarmidji dan Ria Norsan. Para penghafal Alquran itu nantinya akan disebar di masjid se-Kalbar untuk dijadikan sebagai imam sekaligus guru mengaji bagi jamaah.

"Kita maunya imam di masjid itu nantinya hafiz sehingga bacaannya nyaman sehingga orang suka itu jadi ingin ke masjid terus. Nah di masjid, dia bisa mengajak orang memperbaiki bacaan Alquran, tujuannya itu," ujarnya.

Pada kesempatan itu, dia juga berharap semua lembaga yang mengurus agama dan keagamaan di provinsi itu bisa melaksanakan kegiatan meningkatkan pemahaman ajaran agamanya pada umatnya masing-masing. "Yang paling bagus itu masing-masing agama mengembangkan pemahaman agama pada umatnya secara maksimal. Kemudian mengkaji dan mensosialisasikan kepada umatnya," ujarnya.

Khusus untuk pengurus LPTQ Kalbar yang baru dilantik, dia meminta LPTQ bisa menjadi perekat dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara di dalam kondisi kemajemukan kita. "Banyak ajaran-ajaran di dalam Alquran dan hadist yang bisa dijadikan pedoman untuk mengikat kebersamaan kita saling menghormati dalam menjalankan dan mengembangkan agama. Inilah yang perlu di sosialisasikan," katanya.

Dirinya juga meminta LPTQ dapat melakukan dakwah yang sejuk dan dakwah yang betul-betul bisa meningkatkan pemahaman dan kecintaan kepada ajaran agamanya. "Saya juga berharap MTQ ke-28 tingkat Kalbar yang akan dilaksanakan di Sekadau nanti bisa berjalan sukses dan bapak bupati Sekadau harus berobsesi ini akan menjadi MTQ tingkat provinsi yang paling sukses," ujarnya.

Ketua LPTQ Kalbar Brigjen Pol Andi Musa menyatakan kesiapannya bersinergi dengan Pemprov Kalbar dalam menjalankan tugas dan fungsinya membina keumatan. "Dalam waktu dekat, kita ada agenda besar yang harus disukseskan, yaitu MTQ tingkat Kalbar di Sekadau, kemudian disusul MTQ tingkat Nasional di Padang. Ini yang akan kita fokuskan dulu, selain ikut menyukseskan program penciptaan 5.000 hafiz di Kalbar," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA