Kamis 12 Dec 2019 19:49 WIB

IPB Gelar Pelatihan Penulisan Bagi Dosen

Dalam pelatihan ini para dosen diajak untuk melakukan praktek langsung.

Pelatihan menulis dosen IPB.
Foto: Dok IPB
Pelatihan menulis dosen IPB.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- IPB menyelenggarakan pelatihan menulis popular bagi dosen, Kamis (12/12). Pelatihan yang digelar di Hotel Salah Bogor ini diikuti oleh dua puluh dosen dari berbagai jurusan di lingkup IPB.

Hermanu Triwidodo, kepala Tani Center LPPM IPB, mengungkapkan pelatihan ini sengaja digelar sebagai tindak lanjut peluncuran DigiTani yang dilakukan Arif Satria, seperti diberitakan Republika (6/12/2019). Dengan pelatihan ini kemampun menulis popular para dosen diharapkan dapat meningkat, sehingga mampu mendiseminasikan berbagai inovasi teknologi yang dihasilkan IPB lebih baik.

“Hal ini penting mengingat saat ini IPB telah memiliki aplikasi DigiTani. Dengan aplikasi ini berbagai inovasi yang ada di kampus dapat dimanfaatkan petani. Disinlah pentingnya peran dosen, sehingga petani dapat mengatasi permasalahannya” ujar Hermanu.

Dalam pelatihan ini para peserta diajak untuk melakukan praktek langsung bagaimana menulis berbagai temuannya ke dalam bentuk yang popular. Hadir sebagai narasumber, Mohammad Akbar, jurnalis Repulika yang memberikan panduan bagaimana menulis yang “renyah“ untuk dinikmati pembaca, terutama petani.

Selain dikenalkan pada teknik penulisan straight news, para peserta juga diajak untuk mempelajari cara menulis artikel dan opini. Peserta mendapatkan teori dasar menulis popular dan sekaligus coaching dari narasumber pada pelatihan ini

Supriyanto, dosen fakultas teknologi pertanian, peserta pelatihan, mengapresiasi adanya pelatihan ini. “pelatihan ini sangat penting untuk bisa menerjemahkan pengetahuan yang di IPB ke dalam bahasa yang mudah dipahami masyarakat luas” terangnya.

Pelatihan ini merupakan program rutin yang dilakukan Tani Center LPPM. Kegiatan ini mendapat dukungan yang baik oleh berbagai departemen dan pusat penelitian di lingkup IPB. “Dengan semakin banyak dosen yang terlibat kami berharap, cita cita IPB untuk lebih berperan mewujudkan petani Indonesia yang berdaulat dan mulia dapat terwujud” pungkas Hermanu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement