Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Penerimaan Pajak Pemprov Jatim Lampaui Target

Rabu 11 Dec 2019 15:05 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Maman Sudiaman

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi kantor redaksi Republika di Jakarta, Selasa (10/12). Dalam kunjungannya Khofifah menyampaikan berbagai program yang diselenggrakan oleh Pemprov Jatim.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi kantor redaksi Republika di Jakarta, Selasa (10/12). Dalam kunjungannya Khofifah menyampaikan berbagai program yang diselenggrakan oleh Pemprov Jatim.

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Gubernur menginstruksikan untuk mengembangkan inovasi dan teknologi serta jemput bola

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta jajarannya terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi. Tak terkecuali bagi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Hasilnya, kinerja Bapenda Jatim dalam hal penerimaan pajak berhasil melebihi target yang ditentukan." Layanan

photo
Layanan Samling Sore Tambaksari di KB. Samsat Surabaya Timur

jemput bola dimaksimalkan. Seperti mobil Samling (Samsat Keliling) yang kami siapkan mendatangi keramaian masyarakat semisal saat car free day, " ujarnya saat bertandang ke kantor Republika, baru-baru ini.

Disebutkan, mobil Samling dioperasikan setiap hari. Mobil tersebut menjemput bola para wajib pajak di wilayah kerjanya. Lokasinya berpindah-pindah. Waktunya layanan juga berganti-ganti. Sehingga masyarakat tetap terlayani sampai kapanpun walaupun di pedalaman Jawa Timur, mobil samling tetap sampai di sana.

Kepala Bapenda Jatim, Boedi Soeprajitno memperkirakan total penerimaan pajak untuk tahun 2019 mencapai hingga 105 persen. Penerimaan pajak dimaksud berasal dari Pajak Kendraan Bermotor (PKB), Bea Balik Kendaaraan Bermotor (BPKB), Pajak Bahan Bakar Minyak, cukai rokok, pajak air permukaan. Khusus penerimaan PKB dan BPKB sudah di atas 101 persen, padahal masih ada waktu sekitar 17 hari hari lagi.

Khusus cukai rokok, katanya, diakuinya masih tercatat sekitar 70 persen atau masih tersisa 30 persen lahi." Namun pembayarannya (cukai rokok-red) akan akan terima pada miggu ketiga di bulan Desember ini," ujar Boedi kepada Republika.

Boedi membenarkan, langkah jemput bola dalam penerimaan pajak dilakukan secara terus menerus. Bahkan, gerakan jemput bola itu dilakukan baik siang maupun malam hari. Dia bersyukur, animo dan kepatuhan masyarakat di wilayah Jatim sangat antusias atas langkah yang dilakukan pihaknya. "Secara pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi Jatim kami mengapresiasi segenap masyarakat di wilayah Jatim atas kepatuhan membayar pajak," ujarnya.

photo
Data perolehan pajak Provinsi Jatim



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA