Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Yogyakarta Siapkan Atraksi Wisata Sambut Libur Nataru

Jumat 13 Dec 2019 02:14 WIB

Red: Nur Aini

Spot Wisata Titik Nol Jogja. Wisatawan domestik menghabiskan sore di kawasan Titik Nol Jogja, Yogyakarta, Sabtu (7/12).

Spot Wisata Titik Nol Jogja. Wisatawan domestik menghabiskan sore di kawasan Titik Nol Jogja, Yogyakarta, Sabtu (7/12).

Foto: Republika/ Wihdan
Sejumlah atraksi disiapkan di sejumlah destinasi wisata Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyiapkan beberapa atraksi di kawasan objek wisata yang ada di kabupaten/kota provinsi ini sebagai daya tarik wisata. Hal itu untuk menyambut wisatawan yang merayakan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Baca Juga

"Nataru (libur Natal dan Tahun Baru) kita sudah siapkan beberapa atraksi, baik itu di Malioboro Yogyakarta dan kabupaten lain, tentunya kita kerja sama dengan kabupaten dan kota, karena kalau tidak sinergi nampaknya kurang bagus," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo di Bantul, Kamis (12/12).

Dia menjelaskan, untuk di kawasan Malioboro Kota Yogyakarta akan ada berbagai aktifitas yang diharapkan dapat menghibur pengunjung. Di kawasan wisata Kaliurang Kabupaten Sleman dan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul juga ada pentas musik.

"Juga di kawasan Embung Nglanggeran Kabupaten Gunung Kidul juga ada pentas wayang dan ada beberapa pementasan kesenian dalam rangka untuk menyongsong libur tahun baru," kata Singgih.

Dia mengatakan, kegiatan atraksi sebagai daya tarik wisata dalam rangka menyambut libur akhir tahun 2019 yang disiapkan di semua kabupaten/kota se-DIY ini agar wisatawan tidak terkonsentrasi pada satu wilayah saja. Namun, wisatawan diharapkan tersebar di beberapa lokasi sesuai yang mereka inginkan perayaan.

"Tentunya kenapa kemudian kita sebar ke kabupaten/kota supaya ada pecah massa, supaya tidak ngumpul di dalam kota, karena sekarang ini fenomena para wisatawan menikmati tahun baru, tentunya sudah sangat kondusif bisa memilih di manapun mereka bisa merayakan," katanya. Namun demikian, kata dia, pemerintah daerah (Pemda) DIY termasuk pemerintah kabupaten/kota mengharapkan pelaksanaan perayaan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dapat berjalan aman.

Sementara itu, ketika ditanya target kunjungan wisatawan ke DIY pada libur Natal dan Tahun Baru, Singgih tidak menargetkan secara spesifik, hanya saja dia optimistis target wisatawan pada 2019 yang dicanangkan sebanyak 5,5 juta wisatawan tercapai hingga akhir tahun.

"Untuk Nataru tahun ini saya spesifik tidak menargetkan. Tetapi secara keseluruhan tahun 2019, wisatawan mancanegara 500 ribu orang, kemudian domestik lima juta orang, jadi ada 5,5 juta orang, atau sekitar enam jutaan wisatawan nanti bisa kita raih di akhir tahun ini," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA