Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

Pemkab Muba Bakal Siapkan BLK Hulu Migas

Rabu 11 Des 2019 21:59 WIB

Rep: Maman Sudiaman / Red: Agus Yulianto

Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi beraudiensi ke Kantor Kementerian Ketanagakerjaan Republik Indonesia, Rabu (11 /12).

Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi beraudiensi ke Kantor Kementerian Ketanagakerjaan Republik Indonesia, Rabu (11 /12).

Foto: Foto: Humas Pemkab Muba
Pelajari Kartu Pra-Kerja, wabup Muba datangi Kementerian Ketenagakerjaan RI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi beraudiensi ke Kantor Kementerian Ketanagakerjaan Republik Indonesia, Rabu (11 /12). Audensi dalam rangka rangka konsultasi mengenai Kartu Pra-Kerja di Kabupaten Muba. 

Mewami Bupati Muba Dodi Reza Alex, Wabup Muba hadir didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muba Yusuf Amilin, dan diterima oleh Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Dr Ruslan Arianto Simbolan, Staf Ahli Menteri Bidang Kebijakan Publik Dr Reyna Usman, Staf Ahli Menteri Bidang Kerjasama Internasional Suharto, dan Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan Soes Indarno.

Dalam kesempatan tersebut Beni menyampaikan, bahwa Pemkab Muba menyambut dan ingin memanfaatkan dengan maksimal terkait Kartu Pra-Kerja. "Untuk itu kami mulai mendatangi kantor-kantor kementrian pusat, karena banyak masyarakat kami yang mempertanyakan mengenai kartu Pra-Kerja, yang sebetulnya merupakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan yang kemudian ada mendapatkan semacam insentif dari pemerintah. Pertemuan awal ini, kami harapkan akan ditindaklanjuti pada saatnya nanti," ucap Beni.

Selain itu, Pemkab Muba juga berencana akan membuka Balai Latihan Kerja (BLK) Hulu Migas di Muba. "SDM Muba juga nantinya akan dilatih di BLK yang merupakan kerja sama vokasi antara Pemerintah dan swasta di bidangnya sebagai solusi tenaga kerja skill yang dibutuhkan industri migas," bebernya.  

Berkaitan dengan hal tersebut, Beni mengatakan, kartu pra kerja memberi biaya kepada angkatan kerja yang akan dilatih sehingga tepat sasaran dan sesuai dengan potensi daerah. "Jadi, nantinya akan sinkron antara skill SDM Muba dengan potensi daerah yang kita miliki," tuturnya.

Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Dr Ruslan Arianto Simbolan mengucapkan terima kasih atas informasi yang diutarakan Wabup Muba dan hal tersebut akan disampaikan ke Menteri Ketenagakerjaan RI.

"Harapan kami kepada Pemkab Muba, supaya terus berkoordinasi terutama tentang rencana bersama. Kedepan kami akan menindaklanjuti kerja sama ini," ujarnya.

Sementara Staf Ahli Menteri Bidang Kebijakan Publik Dr Reyna Usman mengatakan, ada beberapa program yang dapat direalisasikan di Kabupaten Muba yakni yang pertama Pemberdayaan Masyarakat terkait penempatan dalam hubungan kerja dipabrik,  kemudian Padat Karya Infrastruktur dan Padat Karya Produktif.

"Dua program ini bisa dikembangkan di Kabupaten Musi Banyuasin dan bisa menyerap cukup banyak tenaga kerja, untuk semua itu kami harap Pemkab Muba bisa menyampaikan proposal terkait berapa yang dibutuhkan agar bisa kami fasilitasi," paparnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA