Rabu 11 Dec 2019 14:47 WIB

UMP Gunakan 8 Aplikasi untuk Kegiatan Universitas

UMP berbenah menajdi kampus digital.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Foto: blogspot.com
Universitas Muhammadiyah Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto terus berbenah menjadi perguruan tinggi berbasis online. Hal itu antara lain dilakukan dengan menerapkan berbagai aplikasi untuk melayani berbagai aktivitas.

''Saat ini kita sudah menggunakan delapan aplikasi untuk menfasilitasi berbagai kegiatan universitas,'' kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jebul Suroso, Rabu (11/12).

Baca Juga

Menurutnya, aplikasi tersebut antara lain digunakan untuk kegiatan sistem administrasi akademik, bidang kepegawaian, bidang kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian, sistem keuangan, skripsi dan kegiatan lainnya.

Dengan penerapan berbagai aplikasi ini, Jebul menyatakan,  pengelolaan UMP sebagai lembaga perguruan tinggi dinilai cukup mumpuni. Hal ini juga sejalan dengan kebijakan kementerian bidang perguruan tinggi yang akan mengubah sistem konvensional ke sistem online.

''Dengan penggunaan sistem digital, maka semua aspek kegiatan universitas akan bisa diproses dengan mudah. Mulai dari sistem penelitian, profil hingga kemahasiswaannya, semua bisa dilihat berdasarkan data online,'' katanya.

Dia juga menyebutkan, dengan data online seperti ini, maka pihak pengelola program studi (Prodi) juga bisa memantau aktivitas mahasiswanya. Antara lain mengenai mahasiswa yang aktif, jumlah mahasiswa, kartu rencana studi, dan kartu hasil studi.

''Dengan demikian, saat program studi akan mengajukan peningkatan akreditasi, prosesnya menjadi tidak terlalu sulit karena semua data bisa diperoleh dengan mudah,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement