Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Tekuk Indonesia, Vietnam Berulang Kali Latihan Bola Mati

Rabu 11 Dec 2019 09:57 WIB

Red: Endro Yuwanto

Pemain timnas Indonesia usai dibobol gawangnya oleh pemain timnas Vietnam pada pertandingan final sepak bola SEA Games 2019 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Selasa (10/12).

Pemain timnas Indonesia usai dibobol gawangnya oleh pemain timnas Vietnam pada pertandingan final sepak bola SEA Games 2019 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Selasa (10/12).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Gol-gol set piece timnas Vietnam kerap tercipta pada saat genting.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Asisten pelatih timnas Vietnam Lee Young-Jin mengatakan, gol-gol dari bola mati (set piece) skuatnya saat menghadapi Indonesia pada final sepak bola putra SEA Games 2019, Selasa (10/12) malam, adalah hasil latihan berulang-ulang. Vietnam menaklukkan Indonesia dengan 3-0 pada laga final yang dua gol di antaranya tercipta dari bola mati.

"Kami banyak melatih set piece dan itu bekerja dengan bagus. Gol datang dengan cepat dan kami bisa menang," kata Lee usai pertandingan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.

Gara-gara bola mati itu Indonesia kebobolan dalam dua pertemuan terakhir dengan Vietnam. Dari lima gol Vietnam yang bersarang ke gawang Indonesia dalam dua pertemuan SEA Games 2019, tiga di antaranya berasal dari bola mati.

Gol-gol set piece itu kerap tercipta pada saat genting. Gol Trieu Viet Hung dari sundulan hasil umpan tendangan sudut datang pada menit ke-90+4 juga membuat Indonesia kalah 0-1 pada Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 sehingga Garuda Muda tersingkir.

Selanjutnya, gol sundulan bek Nguyen Thanh Chung pada menit ke-64 yang lagi-lagi memanfaatkan sepakan sudut membuat Vietnam menyamakan kedudukan 1-1 saat bersua Indonesia pada laga Grup B SEA Games 2019 yang menjadi momentum bagi Vietnam untuk balik menang 2-1. "Kami memang selalu mempersiapkan set piece dengan baik," kata Lee.

Indonesia meraih medali perak sepak bola SEA Games 2019 karena gagal mengalahkan Vietnam pada final Selasa malam lalu. Gol-gol Vietnam disumbangkan oleh Doan Van Hau (dua gol) dan Do Hung Dung.

Hasil ini menjadi catatan terbaik Indonesia pada SEA Games sejak 2013. Namun, Garuda Muda tidak berhasil menyamai pencapaian medali emas yang terakhir kali diraih pada SEA Games 1991. Bagi Vietnam, gelar itu menjadi yang pertama sejak menerima emas pada 1959 ketika SEA Games masih bernama South East Asia Peninsular Games.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA