Rabu 11 Dec 2019 03:13 WIB

Menristek: Peneliti S-3 Harus Diperbanyak

Menurutnya peneliti di Indonesia masih didominasi peneliti kualifikasi di bawah S3.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Penelitian (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim
Penelitian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan perguruan tinggi memiliki peran penting untuk mencetak sumber daya peneliti di Indonesia. Ia mengatakan, salah satu tantangan ekosistem penelitian di Indonesia adalah kualitas peneliti.

Bambang mengatakan, saat ini peneliti di Indonesia masih didominasi peneliti dengan kualifikasi di bawah S3. Terkait hal ini, ia pun mendorong agar peneliti di Indonesia baik di perguruan tinggi maupun di institusi penelitian lainnya untuk terus meningkatkan kompetensinya, salah satunya dengan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Ia mengatakan, memang untuk menjadi peneliti tidak harus S3. Akan tetapi, menurut Bambang, S3 diadakan untuk mencetak peneliti. "Maka dari itu, jumlah 15 persen peneliti S3 ini masih kurang dan harus diperbanyak. Pemerintah telah menyiapkan berbagai skema beasiswa," kata Bambang, saat menjadi pembicara kunci Sidang Paripurna Majelis Senat Akademik PTN-BH di Bandung, Senin (9/12).

Di dalam keterangan yang diterima Republika, Bambang berharap peneliti baik dari perguruan tinggi maupun dari lembaga dan kementerian dapat bersinergi untuk menghasilkan inovasi. Perguruan tinggi, kata dia, diharapkan bisa menghasilkan sumber daya peneliti unggul yang mampu menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing.

Bambang menambahkan, perguruan tinggi memiliki peran dalam pengembangan iptek dan inovasi era industri 4.0 untuk membangun SDM yang berkualitas. Selain itu perguruan tinggi juga berperan menjadi produsen invensi dan inovasi untuk daya saing dan kesejahteraan masyarakat.

Inas Widyanuratikah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement