Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Gak Kalah Mewah dari Konglomerat AS! Orang Tajir di Indonesia Juga Punya Hunian Bak Istana

Rabu 11 Dec 2019 06:06 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Gak Kalah Mewah dari Konglomerat AS! Orang Tajir di Indonesia Juga Punya Hunian Bak Istana. (FOTO: Instagram @sandiuno)

Gak Kalah Mewah dari Konglomerat AS! Orang Tajir di Indonesia Juga Punya Hunian Bak Istana. (FOTO: Instagram @sandiuno)

Umumnya, hunian orang kaya Tanah Air berkisar angka puluhan miliar rupiah.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Baca Juga

Bukan hanya konglomerat di Amerika Serikat (AS) saja yang memiliki rumah mewah. Para konglomerat di Indonesia pun juga enggak kalah lho!

Umumnya, hunian orang kaya Tanah Air berkisar angka puluhan miliar rupiah, bahkan ada juga yang menyentuh angka ratusan miliar. Kira-kira siapa saja ya orang kaya Indonesia yang punya hunian sebegitu mewahnya?

1. Sandiaga Uno

Belum lama ini, Youtuber Atta Halilintar mampir ke rumah mewah milik mantan Wagub DKI Sandiaga Uno. Rumah pengusaha top yang memiliki harta triliunan rupiah itu, ditaksir memiliki valuasi sekitar Rp 100 miliar di tahun 2019.

Baca Juga: 8 Konglomerat Tanah Air Pemilik Mal Megah di Jakarta

Rumah tersebut didominasi dengan warna putih dan kental dengan konsep American Classic. Interiornya pun masih berbau klasik dan didominasi warna krem dan putih. Tentunya, rumah ini juga punya kolam renang lho. 

2. Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Sebagai Presiden ke-6 Indonesia, pak SBY diberikan sebuah rumah dari negara pada tahun 2016. Letak rumah itu ada di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan.

Rumah berdesain modern ini sempat ditaksir memiliki valuasi Rp300 miliar di tahun 2018. Kabar itu sendiri pernah dibantah sama pak SBY. Namun, kalau dihitung-hitung tetap saja nominalnya ada di angka ratusan miliar, wong lokasinya saja dekat Kedubes Qatar. Tanah di sana gak ada yang murah.

Sempat beredar kabar bahwa luas tanahnya kurang lebih 1.000 meter persegi. Nah, bisa dihitung sendiri berapa kira-kiranya karena harga tanah di kawasan Kuningan itu sendiri saja sudah Rp 95 jutaan per meter persegi.

Baca Juga: Jakarta Bak Kampung! Semewah Apa Kota Shanghai Sebenarnya?

Secara arsitektur, rumah modern ini terlihat lebih praktis dan fungsional. Pemilihan material kayu terlihat mendominasi penampilan eksterior rumah ini. Kesan modernnya pun jadi makin kelihatan. Selain itu ada jendela besar yang terlihat mencolok karena bentuknya unik.

3. Bob Sadino

Almarhum Bob Sadino memiliki rumah di Lebak Bulus yang harganya tembus ratusan miliar Rupiah. Luasnya 2 hektare, dan bangunannya 1.500 meter persegi!

Bicara soal harga tanah, harga tanah di Lebak Bulus sendiri permeternya bisa Rp 15 jutaan lho. Silakan saja dihitung kalau luasnya 2 hektare.

Soal desain, rumah ini enggak semewah rumah-rumah konglomerat lain. Perabotannya juga rustic, tapi memang sudah jadi selera om Bob secara pribadi.

Baca Juga: Tengok Kisah HM Fitno, Si Konglomerat Rajin Sedekah

4. HM Fitno

Sosok pengusaha yang setiap hari sedekah Rp 10 juta ini juga tinggal di rumah mewah bak istana 1001 malam. Walaupun harga rumahnya gak pernah terkuak ke publik, tapi dipastikan harganya tembus ratusan miliar rupiah.

Sebut saja luas rumah ini sampai 2 ribu meter persegi, maka kalau harga tanah per meternya Rp 50 juta, harga lahannya bisa Rp 100 miliar. Belum termasuk biaya bangun rumah.

Kenapa? Karena rumah itu berdiri di kawasan elite Pondok Indah yang harga tanahnya per meter bisa tembus Rp 50 juta! Belum lagi, arsitektur rumah Fitno juga luar biasa mewah.

Rumah megah ini perabotannya dibeli langsung dari Turki dan beberapa negara Timur Tengah lainnya. Yang paling mengejutkan adalah ada hotel yang berada di basement rumah Fitno.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA