Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Orang Tua Jangan Batasi Ruang Gerak Penyandang Disabilitas

Selasa 10 Dec 2019 14:08 WIB

Red: Ani Nursalikah

Orang Tua Jangan Batasi Ruang Gerak Penyandang Disabilitas. Foto ilustrasi penyandang disabilitas.

Orang Tua Jangan Batasi Ruang Gerak Penyandang Disabilitas. Foto ilustrasi penyandang disabilitas.

Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Penyandang disabilitas harus menerima dukungan penuh agar bisa terus berkembang.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Mofit Saptono meminta orang tua tidak memperberat beban kehidupan anak penyandang disabilitas.

"Untuk itu, saya berharap para orang tua dan keluarga jangan pernah membatasi ruang gerak anggota keluarganya yang merupakan penyandang disabilitas," katanya di Palangka Raya, Selasa (10/12).

Apalagi sampai melarang seorang anak penyandang disabilitas mendapatkan fasilitas pendidikan, seperti bersekolah. Sebab semestinya, para penyandang disabilitas menerima dukungan penuh agar mereka bisa terus berkembang.

Para orang tua atau keluarga harus menyadari anak penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus juga semestinya mendapatkan penanganan khusus dalam pemenuhan kebutuhan pendidikannya. "Saat ini pemerintah terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan pada setiap Sekolah Luar Biasa (SLB). Jika masih ada orang tua atau keluarga yang tidak membiarkan anak-anak penyandang disabilitas bersekolah, maka segera sekolahkan mereka," ujarnya.

Mofit memaparkan, sama seperti anak-anak lainnya, penyandang disabilitas juga terus tumbuh dan menjadi dewasa. Jadi dalam hal ini, orang tua dan keluarga dituntut bisa mendorong dan menyemangati mereka agar mampu hidup secara mandiri.

"Anak-anak penyandang disabilitas harus kita bantu untuk berkembang. Mereka harus dimandirikan dengan keterbatasan itu, sebab tak selamanya para orang tua atau keluarga bisa bersama mereka," ujarnya.

Menurut dia, masing-masing penyandang disabilitas memiliki keunggulan atau keterampilan yang bisa mereka kembangkan secara optimal. Hal ini menjadi modal penting menjalani kehidupan saat usia dewasa.

Hal itu terbukti dari berbagai prestasi yang diraih para penyandang disabilitas, baik pada bidang akademik maupun non akademik. Mofit memastikan, melalui bidang pendidikan khusus pada Disdik Kalteng, mereka yang berprestasi itu akan diarahkan ke jenjang yang lebih baik lagi.

"Berbagai prestasi penyandang disabilitas khususnya di Kalteng, menjadi bukti utama mereka pun bisa jika mau berusaha dan mendapatkan dukungan dari kita semua," ujarnya.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA