Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Biope, Reaktor Pengubah Limbah Jadi Pupuk dan Bahan Bakar

Sabtu 07 Dec 2019 20:31 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Rahayu Dwi Agustin, Chief Marketing Officer Jember Futura Energi bersama dengan miniatur produk biogas reaktor, yang diberi nama BIOPE.

Rahayu Dwi Agustin, Chief Marketing Officer Jember Futura Energi bersama dengan miniatur produk biogas reaktor, yang diberi nama BIOPE.

Foto: shell
Biope menjadi juara ajang kompetisi Shell LiveWIRE Top Innovators Awards 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Enam wirausaha muda dari kota Banyuwangi yang tergabung dalam Futura Energi berhasil mengembangkan inovasi berupa reaktor biogas dengan biaya terjangkau bagi peternak. Reaktor yang diberi nama BIOPE ini dapat mengolah limbah peternakan menjadi energi dan pupuk organik yang dibutuhkan petani.

Usaha dan kerja keras mereka dalam melahirkan karya inovatif serta solutif ini mengantarkan mereka menjadi juara pertama kompetisi Shell LiveWIRE Top Innovators Awards 2019 untuk kategori energi dan mobilitas.

CEO Jember Futura Energi, Izza Auliya Amukholidi (24 tahun) bersyukur karena usaha yang mereka jalankan dapat membantu masyarakat petani. Bisnis tim Jember Futura Energi berangkat dari kepedulian terhadap masalah pengelolaan limbah peternakan yang dialami para peternak sapi di kampung halaman Izza di Banyuwangi.

Melalui program Shell LiveWIRE Energy Solutions, Jember Futura Energi mendapatkan dukungan kewirausahaan untuk mengembangkan produk reaktor biogas yang dapat mengolah limbah peternakan menjadi sumber energi. Produk reaktor biogas ini dapat mempermudah para peternak untuk mengolah limbahnya. Tak hanya itu, reaktor ini menghasilkan energi setara 1 kg LPG dan pupuk cair sejumlah 150 liter per hari.

"Kami sangat berterima kasih kepada Shell Indonesia yang telah memberikan kesempatan dan memfasilitasi kami untuk terus tumbuh, mengembangkan bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan," kata dia.

Presiden Direktur PT Shell Indonesia Darwin Silalahi mengungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan tim wirausaha muda Indonesia jebolan ajang kompetisi Shell LiveWIRE Energy Solutions 2019. Menurut dia, prestasi yang ditorehkan para peserta menjadi bukti anak muda Indonesia memiliki potensi besar dalam berkarya.

"Melalui kegiatan seperti Shell LiveWIRE, Shell ingin terus mendukung perjalanan lebih banyak wirausaha dan talenta muda Indonesia untuk berkarya, mengembangkan bisnisnya dan membangun Indonesia serta dunia yang lebih baik lagi,” kata Darwin.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA