Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Tim Skateboard Indonesia Protes Soal Tes Doping

Ahad 08 Dec 2019 19:46 WIB

Red: Bayu Hermawan

Atlet dan ofisial Timnas Skateboard Indonesia

Atlet dan ofisial Timnas Skateboard Indonesia

Foto: Antara/Fauzan
Tim skateboard Indonesia protes ke penyelenggara SEA Games soal tes doping.

REPUBLIKA.CO.ID, TAGAYTAY -- Tim skateboard Indonesia melancarkan protes kepada pihak penyelenggara SEA Games 2019 Filipina. Hal itu karena penyelenggara baru melakukan tes doping satu hari setelah tim skateboard meraih medali.

"Ini tidak wajar. Tes doping seharusnya dilakukan setelah pertandingan. Sekarang sudah lewat satu hari tapi diminta lakukan tes," kata Pelatih Kepala Timnas Skateboard, Jo Jaya Charles Kusuma di Tagaytay, Filipina, Ahad (8/12).

Atlet Indonesia Sanggoe Darma Tanjung sukses merebut medali emas nomor street. Sanggoe memperoleh nilai tertinggi yakni 21.2 poin, mengungguli atlet Filipina yang meraih 20.6 poin serta Thailand dengan 19.1 poin.

Meski demikian, kata pria yang akrab dipanggil Charlie, usai perlombaan pihak panitia penyelenggara tidak meminta tes doping untuk semua peraih medali termasuk atlet dari tuan rumah Filipina.

"Kemarin aman-aman saja. Tapi sekarang diminta dan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tes pun dilakukan random dan salah satunya Sanggoe. Kemenangan kita diungkit-ungkit. Saya tidak mau berubah hasilnya," kata Charlie menambahkan.

Filipina kecolongan

Charlie menilai apa yang dilakukan tuan rumah adalah sebuah strategi. Apalagi informasi yang didapat tuan rumah Filipina ingin menyapu bersih semua nomor skateboard yang dipertandingkan pada kejuaraan dua tahunan itu.

"Filipina ibaratnya kecolongan oleh Sanggoe. Padahal mereka telah menyiapkan atlet terbaik dan mayoritas pemain keturunan. Banyak yang atlet profesional yang tinggal di Amerika Serikat," katanya menjelaskan.

Atlet tuan rumah Filipina memang merajalela di skateboard. Pada nomor park saja baik putra dan putri medali emas digondol tuan rumah. Emas park putri untuk tuan rumah lewat Christiana Nicole dan Indonesia kebagian perak lewat Nyimas Cinta dan perunggu lewat Neepa Pramesti.

"Meski hanya meraih perak saya puas. Tapi saya akan terus berusaha lebih baik lagi untuk kejuaraan-kejuaraan berikutnya" kata salah satu atlet Indonesia, Nyimas Cinta.

Di sektor putra Indonesia juga meraih perak lewat Jason Lijnzaat. Untuk medali emas untuk tuan rumah Filipina lewat Jericho Jojit Francisco Jr. Sedangkan perunggu untuk wakil Thailand, Brian van Upapong.


Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA