Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Tahun Ajaran Baru, Matsamuda Buka 2 Program Unggulan

Ahad 08 Des 2019 18:40 WIB

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)

Sambut Tahun Ajaran Baru, Matsamuda Buka Dua Program Unggulan

Sambut Tahun Ajaran Baru, Matsamuda Buka Dua Program Unggulan

MTs Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Pondok Pesantren Karangasem mulai terima siswa/i

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – MTs Muhammadiyah 2 (Madtsamuda) Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Lamongan, mulai membuka pendaftaran peserta didik baru untuk tahun ajaran 2020-2021. Sekolah yang menerima peserta didik asrama dan non asrama ini membuka pendafataran jalur inden gelombang 1 dan 2.

Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Madtsamuda Azhar Agus Salim, S.Pd. menyampaikan PPDB di sekolah ini dibuka dengan dua cara. Offline dan online.

”Calon pendaftar yang sempat datang ke Madtsamuda, kami layani dengan pendaftaran langsung. Kalau tidak bisa karena jarak dan waktu, maka kami membuka pendaftaran via online,” katanya, Sabtu (7/12).

Ia juga menjelaskan perbedaan PPDB tahun ini dengan tahun sebelumnya. ”Tahun ini Madtsamuda membuka kelas baru yakni kelas ICP (international Class Program), ITCP (Information Technology Class Program) dan kelas Reguler.

Kelas ICP adalah kelas Internasional yang bekerja sama dengan Cambridge Assessment Education di bawa naungan Cambridge University England. Kelas ini memadukan kurikulum luar negeri Cambridge dengan kurikulum Indonesia dengan menggunakan Bahasa inggris sebagai Bahasa pengantar dalam proses belajar sehari hari, yang membuat berbeda kelas ICP ini dengan kelas ICP lain yang ada di Indonesia yakni kelas ini mengharuskan Peserta Didik nya untuk berasrama (mondok) dan menghafal Al Quran minimal 2 Juz, meskipun kelas ini bernuansa Internasioanal namun tidak meninggalkan kearifan-kearifan lokal daerah yang memegang kuat Pendidikan agama sebagai nilai Pendidikan karakter yang utama.

Kelas ITCP adalah kelas yang dalam proses pembelajaran sudah mulai meninggalkan paper (kertas), kelas ini lebih di dominasi dengan Pendidikan di dunia maya atau istilahnya Pendidikan yang berorientasi keapada paradigma Pendidikan abad 21. Kelas ini memiliki kelebihan tersendiri karena kurikulum Indonesia yang digunakan menitik beratkan pada Kelas Tahfidz atau Hafalan Al Qur’an, anak anak mendapatkan Pendidikan Tahfidz atau hafalan Al Quran dalam 1 minggu sebanyak kurang lebih 16 Jam Pelajaran.

Kebijakan ini diambil, katadia, adalah karena Madtsamuda bersiap menyambut tantangan Pendidikan di era industry 4.0 sekaligus mempersiapkan kader-kader Muhammadiyah yang siap bersaing pada taraf Internasional dan juga menyiapkan kader-kader Qurani yang berbasis Teknologi.

Madtsamuda pengelolaannya di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan. Kuota yang sudah ditargetkan tahun ini adalah 170 kursi.

Sementara Kepala Madtsamuda Millazul Faidah, M.Pd.  mengatakan, kuota pendaftaran murid baru itu harus meningkat 100 persen. Namun ”Target itu kami sesuaikan dengan kapasitas atau daya tampung di Lembaga kami,” katanya. Untuk pendaftaran tahun lalu sendiri (2019/2020), Madtsamuda mendapatkan 200 peserta didik.

Pendaftaran Jalur online dibuka mulai 1 Januari 2020 s.d. 27 Januari 2020. Sedangkan untuk jalur offline dimulai 22 Januari 2020 – 27 Januari 2020. Gelombang 2 akan dibuka ketika pendaftar gelombang 1 belum memenuhi kuota, yakni antara 27 Juni 2020 – 4 Juli 2020. (Agus/Riz)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA