Wednesday, 15 Zulhijjah 1441 / 05 August 2020

Wednesday, 15 Zulhijjah 1441 / 05 August 2020

Gatot Bicara Sepakbola dan Target Jokowi

Ahad 08 Dec 2019 08:01 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Christiyaningsih

Gatot Bicara Sepakbola dan Target Jokowi. Ilustrasi.

Gatot Bicara Sepakbola dan Target Jokowi. Ilustrasi.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot. S. Dewa Broto sambangi Manila

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Cabang olahraga sepak bola Indonesia mempertahankan tren positif selama SEA Games 2019. Evan Dimas Darmono dan rekan-rekan lolos ke final. Sejumlah pihak merespons hal ini. Salah satunya Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot. S. Dewa Broto.

Gatot yang terlihat menyambangi Manila pada Sabtu (7/12) mengaku tak meragukan kualitas skuat tim nasional U-22. Namun faktor ketenangan dalam bermain menurutnya juga penting.

"Pesan kami, tolong jaga emosi. Karena menurut pelatih dari aspek teknis, kerja sama tim, dan fisik, sudah bagus," ujarnya.

Secara keseluruhan ia mengapresiasi perjuangan para atlet merah putih di Filipina. Tidak hanya di cabang olahraga sepak bola, tapi juga di cabor lainnya.

Perwakilan tanah air berada di posisi kedua klasemen sementara perolehan medali. Gatot berharap dalam beberapa hari terakhir posisi tersebut bisa dipertahankan.

"Ini semua kan belum. Misalnya dayung belum semua, bulutangkis perorangan juga. Masih ada beberapa cabor yang kita punya pundi-pundi emasnya," tutur tokoh kelahiran Yogyakarta itu.

Hingga Ahad (8/12) pagi Indonesia hanya kalah lima dari tuan rumah Filipina. Skuat Garuda sudah mengantongi 50 emas, 49 perunggu, dan 58 perak.

Dengan demikian target awal sudah terlampaui. Sebelumnya para atlet merah-putih ditargetkan meraih 45 medali emas pada SEA Games edisi ke-30 ini.

Namun saat pelepasan, target tersebut berubah. Presiden Joko Widodo menginginkan kontingen Indonesia finis di dua besar klasemen akhir.

Kemenpora dan NOC, menurut Gatot langsung melakukan hitung-hitungan. Hasilnya, demi mewujudkan asa Jokowi, minimal perwakilan tanah air mendapatkan 60 medali emas.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA