Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Kajian Ta'aruf Buka Halal Expo Indonesia 2019

Jumat 06 Dec 2019 19:08 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko

Halal Expo Indonesia 2019.

Halal Expo Indonesia 2019.

Foto: dokumentasi HEI 2019
Kajian bertema Ta'aruf Adalah Hak Segala Bangsa itu membahas seputar proses ta'aruf.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --- Pembukaan Halal Expo Indonesia 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang pada Jum'at (6/12) diisi dengan kajian agama oleh Ustadz Ahmad Homsani dan Founder Lovengers (Love Action Private Class), Sani.

Baca Juga

Kajian bertema Ta'aruf Adalah Hak Segala Bangsa itu membahas seputar proses ta'aruf bagi generasi muda muslim sebelum menikah.  Ustaz Ahmad Homsani mengatakan ta'aruf merupakan proses terbaik untuk membentuk keluarga dan menghasilkan keturunan yang baik. Sebab menurutnya dalam ta'aruf seorang muslim dapat terjaga dari maksiat yang menimbulkan dosa.

"Di luar sana mengira ta'aruf itu sekali datang, suka tidak suka comot. Tidak begitu, ta'aruf itu bukan seperti beli beras, ta'aruf itu panjang prosesnya, ada informasi yang detail yang harus diperoleh," kata Ustaz Homsani.

Ustaz Homsani menjelaskan para sahabat ketika menyukai seorang perempuan akan segera langsung meminta pendapat Rasulullah. Hal itu karena kekhawatiran sahabat bila perempuan yang dilihat dan disukai itu karena nafsu semata. Sebab itu dalam ta'aruf pun menurut Ustaz Homsani perlu adanya guru atau pembimbing yang dapat memberikan saran dan tuntunannya untuk berta'aruf.

"Sekarang ini maka yang bisa diambil pandangannya, tuntunannya adalah ulama-ulama kita," katanya.

Ustaz Homsani menjelaskan dalam ta'aruf menuntut agar kedua belah pihak bisa menggali informasi sebanyak mungkin satu sama lainnya. Informasi itu bisa diperoleh dari orang tuanya maupun teman dekatnya. Bahkan, menurut Ustaz Homsani dengan berkembangnya teknologi sesorang bisa mencari informasi melalui media maya saat proses ta'aruf. Namun, menurut Ustaz Homsani yang terpenting dalam ta'aruf adalah mempertimbangkan sisi akhlak, keluarga, dan hartanya.

Sementara itu Founder Lovengers (Love Action Private Class), Sani menjelaskan banyak benefit yang bisa didapatkan dari berta'aruf. Yang paling penting ta'aruf memfokuskan pada pecarian informasi tentang calon. "Ta'aruf itu mendewasakan, ada proses bermunajat pada Allah, istikharah. Mengurangi rawan penipuan, gombalan, dan ta'aruf juga low cost," katanya

Sementara itu, HEI dimeriahkan dengan berbagai stand yang memamerkan berbagai produk halal  mulai dari makanan, fashion, kosmetik, farmasi, property, pendidikan, hingga travel umroh dan haji.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA