Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Puasa Dopamin yang Mulai Tenar

Jumat 06 Des 2019 10:24 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Praktik puasa dopamin belakangan populer secara cara meningkatkan ketajaman kembali otak.

Praktik puasa dopamin belakangan populer secara cara meningkatkan ketajaman kembali otak.

Foto: Pixabay
Dopamin adalah bahan kimia di otak yang menghasilkan kesenangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa otak Anda perlu di-boot ulang? Jika Anda mengatakan itu di depan seseorang yang mengikuti tren kesehatan terbaru, mereka mungkin menyarankan Anda untuk melakukan puasa dopamin.

Puasa dopamin telah menjadi praktik mindfulness yang belakangan sedang populer. Sekitar satu tahun setelah Youtuber Improvement Pill menerbitkan sebuah video berjudul Dapatkan Hidup Anda Kembali Bersama, ia mungkin menciptakan istilah tersebut sambil menggambarkan rutinitasnya.

Video itu telah ditonton hampir 1,8 juta kali sejak dipublikasikan pada November 2018. Sejak saat itu, puasa dopamin telah berubah menjadi panduan yang digunakan para profesional teknologi Silicon Valley untuk memberi label aturan tentang menghindari situasi sosial.

Apa itu dopamin? Dr. Loretta Breuning, pendiri Inner Mammal Institute dan penulis Habits of a Happy Brain, menjelaskan bahan kimia dopamin di otak menghasilkan kesenangan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi. Dopamin penting karena menciptakan perasaan yang baik yang menyalakan tangki cadangan energi.

Mengapa orang ingin mengubah kadar dopamin mereka? Di dunia manusia akhirnya merangsang dopamin saat Anda benar-benar tidak melakukan apa pun bermanfaat bagi kesehatan.

"Masalah muncul ketika otak mulai mengaitkan perasaan baik dengan hal-hal yang tidak diperlukan untuk bertahan hidup. Seperti memeriksa akun media sosial seseorang," kata musisi dan penulis Amerika Dave Rublin.

Rublin mengatakan dia menjadi pecandu dopamin yang mendapati dirinya terjebak dalam telepon dan kepribadian digitalnya, terutama ketika dia sedang tur. Itu kebiasaan buruk yang membuatnya merasa mentalnya terkuras.

Jadi, apa itu puasa dopamin?Istilah ini memiliki definisi yang berbeda untuk semua orang, tapi bagi Rublin itu berarti melakukan upaya bersama, dalam jumlah waktu tertentu, untuk menghindari media sosial dan TV.

“Saya tidak menginginkan energi (di luar) itu, karena saya fokus pada suasana yang saya alami, secara pribadi,” kata Rublin.

Praktik puasa media sosial dan televisi dijalankan oleh basis dan produser ini setahun yang lalu ketika mengerjakan album American Authors ketiga. "Saat berpuasa, ketika mendengar bunyi teks, aku, aku hanya akan mengabaikan teks itu,” kata Rublin. “Itu bukan karena aku orang jahat, itu karena aku benar-benar berusaha memusatkan hatiku di dunia yang penuh dengan semua ini (stimulasi). Saya mematikan semuanya kecuali musik... tapi saya mungkin mengunggah satu cerita di Instagram untuk menunjukkan kepada orang tua saya bahwa saya masih hidup."

Praktik puasa dopamin orang lain bervariasi. Ada yang tidak makan, ada yang menghindari kontak mata, banyak yang menghindari kenikmatan seksual dan narkoba, dan yang lain menghindari internet dan musik selama berjam-jam hingga berhari-hari.

Apakah puasa dopamin membantu? Rublin melihat istirahatnya dari teknologi sebagai langkah penting menuju pembuatan musik pribadi dan autentik. Tapi secara umum, Breuning merekomendasikan orang lebih memahami impuls mereka daripada menghilangkannya sepenuhnya.

"Puasa dopamin akan seperti jika seseorang makan berlebihan dan satu-satunya solusi mereka adalah berpuasa dan kembali membuang sampah," kata Breuning.

Solusi yang lebih baik adalah mempelajari kebiasaan makan baru. “Jujurlah dengan dirimu sendiri dan katakan, 'Alasan aku meraih ponselku adalah karena mamalia batinku menginginkan kepastian penerimaan sosial dan kekuatan sosial. Beri diri Anda penguatan positif: 'Saya sudah melakukan cukup. Saya sudah berhubungan baik dengan bos saya. Saya sudah berhubungan baik dengan pasangan saya. Saya tidak membutuhkan penguatan terus-menerus dari mereka'."

Breuning menyarankan, mungkin berjalan-jalan di taman daripada memeriksa media sosial. Melakukan kegiatan alternatif, yang dapat dianggap versi moderat dari dopamin cepat, mungkin tidak terasa enak pada awalnya. Tapi butuh waktu dan pengulangan untuk membangun jalur saraf baru, dilansir dari USA Today.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA