Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Kiprah Trac Hadapi Era Digital

Jumat 06 Dec 2019 09:51 WIB

Rep: Andi Hana (swa.co.id)/ Red: Andi Hana (swa.co.id)

Hadi Winarto, Direktur PT Serasi Autoraya

Hadi Winarto, Direktur PT Serasi Autoraya

Sejumlah perusahaan semakin giat memutar haluan bisnis ke arah digital.

Baca Juga

Sejumlah perusahaan semakin giat memutar haluan bisnis ke arah digital. Tantangannya bukan lagi mencari konsumen, namun masuk ke sebuah segmen pasar baru yang bergerak cepat dan dinamis. PT Serasi Autoraya (TRAC) mencoba mengelaborasikan tantangan digital ini ke dalam inovasinya.

“Tantangan yang dihadapi TRAC di era digital adalah menyediakan pilihan produk dengan harga dan kualitas paling sesuai namun bisa secara mudah diakses secara online,” ujar Hadi Winarto, Direktur PT Serasi Autoraya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, TRAC meluncurkan produk AstraFMS (Astra Fleet Management Solution) yang dapat mengintegrasikan pengelolaan armada, driver dan operasional. AstraFMS merupakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi pertama di Indonesia yang berbasis teknologi informasi.

Tahun ini juga meluncurkan aplikasi TRAC To Go yaitu aplikasi untuk sewa mobil, sewa bus, dan airport transfer. Peluncuran produk inovatif ini dilakukan TRAC untuk memberikan customer experience terbaik.

Dalam menyiapkan tim dan organisasi untuk merespons perubahan sistem marketing ke arah digital, Hadi pun memaparkan sejumlah change management dan employee knowledge enhancement. Sebagai salah satu anak perusahaan Astra, TRAC terus mendorong tim dan organisasi untuk dapat menguasai pengetahuan tentang tren teknologi terkini, baik teknologi yang berasal dari luar perusahaan maupun yang terus sedang dikembangkan secara internal.

Membangun tim digital marketing juga dilakukan untuk membangun strategi komunikasi branding yang efektif sesuai segmentasi dan target masing-masing produk.

Sebagai anak perusahaan terkemuka, TRAC tentu kecipratan reputasi positif. Strategi branding yang dilakukan pun tidak lagi menggunakan media konvensional. Menurut Hadi, fokus strategi branding lebih diarahkan ke media online dan media sosial.

Perusahaan yang masuk dalam deretan Indonesia Best Brand kategori Car Rental ini melakukan sejumlah upaya dalam meningkatkan engagement market. Diantaranya dengan CRM approach, kegiatan customer care relation seperti customer gathering dan customer visit, serta survey kepada pelanggan. Social media channels, email marketing dan whatsapp channel memungkinkan pelanggan ataupun calon pelanggan untuk berinteraksi dengan TRAC.

Dalam merespons keinginan konsumen dengan cepat, TRAC menyediakan touch point digital sebagai sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam merespons suara konsumen. Secara konsisten, TRAC selalu melakukan improvisasi untuk meningkatkan kualitas layanannya demi memaksimalkan kepuasan pelanggannya. Selain itu, TRAC juga memperluas jaringan layanannya agar mudah dijangkau oleh pelanggan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA