Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Shopee-Kemenkop UKM Perluas Pasar Ekspor UMKM

Ahad 08 Dec 2019 20:52 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Dukung UMKM Naik Kelas, Kali Ini Shopee-Kemenkop UKM Perluas Pasar Ekspor. (FOTO: Kementerian Koperasi dan UKM)

Dukung UMKM Naik Kelas, Kali Ini Shopee-Kemenkop UKM Perluas Pasar Ekspor. (FOTO: Kementerian Koperasi dan UKM)

Shopee akan memperluas pasar ekspor produk UMKM Indonesia ke mancanegara

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Shopee akan memperluas pasar ekspor produk UMKM Indonesia ke mancanegara pada tahun 2020 dengan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM). Penyebabnya, produk UMKM Indonesia khususnya fashion dan kecantikan disebut sangat kompetitif bila dibandingkan dengan negara mana pun di seluruh dunia untuk pasar Asia Tenggara.

"Pak Menteri senang sekali pertama ada program ekspor. Yang kedua, Pak Menteri ingin mempelajari lebih lanjut faktor-faktor apa saja yang membuat produk-produk UMKM di luar itu laku," ujar Head of Public Policy & Government Relations at Shopee, Radityo Triatmojo, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Baca Juga: Menkop-UKM Bersama Stafsus Presiden Bahas Pengembangan Produk UMKM

"Jadi, tadi kita sampaikan inside-inside-nya yang sudah kita pelajari. Misalnya, harga itu di kisaran berapa untuk produk Indonesia dan ternyata produk UKM Indonesia itu sangat kompetitif harganya," sambung Radityo.

Dengan memperluas program ekspor ini diharapkan banyak negara mengakses produk-produk unggulan UMKM dari Indonesia. "Kita juga sampaikan ke Pak Menteri bahwa kita sangat confidence. Kita tambahkan produk-produk terutama dari fashion dan kecantikan itu di negara-negara lain karena setelah kita hitung di internal kita itu sangat kompetitif," kata Radityo.

Dalam hal ini, Shopee Indonesia akan melibatkan UMKM unggulan binaan Kemenkop dan UKM dalam kegiatan ekspor tersebut. Sebelumnya, Shopee akan mempelajari dulu UMKM unggulan mana di binaan kementerian yang akan dipersiapkan untuk ekspor tahun depan.

"Kita akan lihat dari sisi produk, kemudian syarat-syaratnya di negara tujuan dan juga populer harga, hingga narasi deskripsi produknya. Jadi benar-benar menarik ketika kita angkat di Shopee negara lain," lanjutnya.

Radityo mengatakan Shopee Indonesia memiliki 2,5 juta penjual aktif dengan komposisi pelaku usaha lebih banyak didominasi oleh kelas UMKM yakni 99,3 persen, sedangkan sisanya usaha skala besar.

"Tadi kita sampaikan program UKM untuk naik kelas Shopee itu apa saja yang sudah berjalan bersama Kementerian Koperasi dan UKM. Terus kita juga sampaikan komposisi UKM di Shopee yang sejauh ini 99,3 persen," tutup Radityo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA