Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Bank Nagari akan Belajar dari Bank Aceh dan Bank NTB

Kamis 05 Dec 2019 23:00 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil

Kantor pusat Bank Nagari di Kota Padang, Senin (2/11).

Kantor pusat Bank Nagari di Kota Padang, Senin (2/11).

Foto: Republika/Febrian Fachri
Bank Aceh dan NTB telah lebih dulu konversi ke syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Humas PT BPD Sumatra Barat (Bank Nagari) Aulia Alfadil mengatakan Bank Nagari akan melakukan studi banding ke Bank BPD Aceh (Bank Aceh) dan Bank BPD Nusa Tenggara Barat (Bank NTB) untuk beradaptasi pasca konversi dari bank konvensional menjadi bank syariah. Sebab dua bank BPD tersebut menurut Aulia sudah lebih dahulu melakukan konversi menjadi bank syariah.

"Kita akan belajar kepada Bank Aceh dan Bank NTB. Sesama BPD jadinya peer to peer," kata Aulia kepada Republika di Padang, Rabu (4/12).

Aulia menyebut dalam waktu dekat Bank Nagari akan melangsungkan studi banding ke Bank Aceh dan Bank NTB. Di sana Bank Nagari berharap mendapatkan masukan dan saling bertukar pikiran mengenai pengelolaan keuangan memakai pola atau sistem syariah.

Aulia menyebut pemerintah pusat sudah kerap menggaungkan tingginy potensi bank syariah di Indonesia karena mayoritas penduduk Indonesia merupakan Muslim. Aulia berharap konversi Bank Nagari menjadi bank syariah dapat menjadi inspirasi buat BPD lain dan juga bank-bank serta lembaga keuangan lainnya di Indonesia.

Aulia mendengar setelah Bank Nagari, bank BPD lain yang siap menyusul ikut konversi menjadi bank syariah ialah Bank BPD Riau (Bank Riau Kepri) dan Bank BPD Kalimantan Selatan (Bank Kalsel).

"Mudah-mudahan banyak yang ikut jejak Bank Nagari," ujar Aulia.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA