Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Malas Bersihkan Wajah Sebelum Tidur, Berikut 7 Efek Buruknya

Jumat 06 Dec 2019 02:25 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Perawatan wajah. (ilustrasi).

Perawatan wajah. (ilustrasi).

Foto: EPA/Shahzaib Akber
Sisa kotoran yang tidak dibersihkan pada wajah, akan menghambat kulit bernafas.

CEKNRICEK.COM -- Membersihkan wajah dari kotoran dan makeup wajib Anda lakukan setiap hari. Namun, masih banyak kaum hawa yang lupa saking merasa lelahnya setelah menjalani aktivitas yang padat seharian.

Tidur dengan kotoran dan makeup yang menempel di wajah, akan membawa banyak masalah. Berikut efek yang bisa timbul bila Anda malas mencuci muka sebelum tidur. 

Penuaan Dini
Radikal bebas pada kulit disebabkan dari asap, gas dan debu akan menyebabkan inflamasi yang memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Mulai dari bintik-bintik matahari, bintik hitam, dan warna kulit yang tidak merata.

Jerawat
Sisa kotoran yang tidak dibersihkan pada wajah, akan terakumulasi dan menghambat kulit untuk bernafas. Hal ini menyebabkan minyak dan sel kulit mati membentuk blokade yang menutup pori-pori, menjadikan jerawat akan bermunculan di area wajah. 

Kulit Kering
Kulit akan mengalami penurunan hidrasi di malam hari. Ketika makeup atau kotoran masih menempel, kulit wajah tidak dapat mengelola hidrasinya dengan baik. Hasilnya, Anda terbangun dengan kondisi wajah yang kering dan flaky.

Kondisi ini setidaknya disampaikan oleh Joshua Zeichner, MD, Director of Cosmetic and Clinical Research di departemen Dermatology di Mount Sinai Medical Center dari Pop Bela. 

Baca Juga: 5 Masalah yang Timbul Akibat Malas Cuci Muka

Inflamasi pada Kulit
Makeup dan kotoran yang menempel pada wajah akan menghambat kemampuan kulit untuk menjaga kesehatannya. Bila tidak dibersihkan, akan memicu inflamasi pada wajah. Mulai dari kemerahan, rasa gatal, mengelupas, atau perpaduan kesemuanya.

Wajah Kusam
Kotoran debu, asap kendaraan, dan makeup yang tidak dibersihkan akan berubah menjadi sel kulit mati pada permukaan wajah. Pada pagi hari, Anda akan dikejutkan dengan wajah kusam dan tidak bercahaya.

Bintil infeksi
Selain jerawat, kotoran yang menutup pori-pori kulit wajah juga dapat menyebabkan bengkak pada area sekitar mata. Hasilnya, akan memicu munculnya bintil. Kalau terdapat luka di area wajah, kotoran yang tidak dibersihkan bahkan bisa menimbulkan infeksi.

Bibir Kering Mengelupas
Kulit bibir merupakan bagian wajah yang cukup sensitif. Jika sisa lipstik atau makeup tidak dibersihkan sebelum tidur, akan menyebabkan permukaan bibir kering dan mengelupas.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: ThomasRizal

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA