Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Gunakan Skincare Secara Berlebihan, Waspadai Dampak Buruknya

Jumat 06 Dec 2019 01:41 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Wanita sedang melakukan perawatan kulit wajah.

Wanita sedang melakukan perawatan kulit wajah.

Foto: EPA
Penggunaan skincare terlalu banyak, dapat membuat kulit terasa kencang dan tertarik.

CEKNRICEK.COM -- Skincare merupakan produk yang bikin kulit wajah jadi terlihat lebih mulus dan sehat. Dari pelembap, toner hingga serum digunakan setiap hari demi mendapatkan kulit yang cantiknya maksimal.

Skincare mengandung berbagai macam bahan yang berbeda-beda. Bila penggunaannya terlalu banyak justru berdampak buruk bagi kesehatat kulit Anda.

Berikut rangkuman dampak penggunaan produk skincare yang berlebihan.

Kulit terlihat mengkilap tapi kering
Bila Anda melalukan eksfoliasi wajah secara berlebihan, bisa menyebabkan kulit yang terlihat mengkilap tapi terasa kering. Padahal, eksfoliasi yang dianjurkan cukup sebanyak 2 kali dalam satu minggu. 

Proses eksfoliasi wajah yang berlebihan tak hanya membuat kulit terasa kering tetapi juga bisa membuat kulit iritasi bahkan perih. Bila hal ini sudah terjadi, hentikan pemakaian acid exfoliator untuk beberapa saat sampai kulit wajahmu kembali normal.

Baca Juga: Tips Memilih Produk Rangkaian Skincare yang Aman 

Kulit terasa gatal dan tumbuh ruam
Saat kulit terasa gatal dan muncul ruam berwarna kemerahan bisa jadi disebabkan karena terlalu banyak menggunakan skincare. Munculnya ruam ini bisa jadi karena kulit alergi terhadap beberapa macam zat kimia seperti pewangi dalam skincare yang Anda gunakan.

Tak hanya itu saja bila Anda menggunakan skincare terlalu bervariasi, otomatis kulit akan memberikan reaksi yang negatif karena banyaknya pewangi yang terdapat dalam skincare. 

Kulit kencang dan terasa tertarik
Salah satu akibat yang akan ditimbulkan ketika menggunakan produk skincare terlalu banyak adalah kulit terasa kencang atau bahkan tertarik. Salah satu penyebabnya adalah karena produk skincare yang digunakan malah mengurangi kadar hidrasi kulit.

Bila sudah begini otomatis kulit akan benar-benar terasa kering dan akan lebih cepat mendapatkan kulit yang keriput.

Muncul masalah kulit lainnya
Saat menggunakan produk skincare terlalu banyak adalah munculnya berbagai masalah kulit lainnya seperti pori-pori membesar, jerawat, komedo, bahkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus pada kulit.

Baiknya, Anda tak perlu menggunakan berbagai macam produk skincare secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan belum tentu baik bagi kulit.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: ThomasRizal

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA