Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Pohon Tumbang Tutup Jalan Kuningan-Cirebon

Kamis 05 Dec 2019 08:02 WIB

Rep: Lilis sri handayani/ Red: Esthi Maharani

Petugas memotong batang pohon Angsana (Pterocarpus indicus) yang tumbang

Petugas memotong batang pohon Angsana (Pterocarpus indicus) yang tumbang

Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Ruas jalan Kuningan – Cirebon menjadi tertutup karena pohon tumbang melintang

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN – Sebuah pohon Angsana tumbang di Blok Pon, RT 16 RW 06 Desa Sampora, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Rabu (4/12) pukul 17.30 WIB. Peristiwa itu menyebabkan ruas jalan provinsi Kuningan – Cirebon menjadi tertutup karena pohon  tumbang melintang di tengah jalan.

‘’Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,’’ ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin.

Agus menjelaskan, pohon Angsana yang tumbang itu berdiameter 20 centimeter dan tinggi 12 meter. Pohon yang tumbang itu bermula dari hujan intensitas inggi sejak pukul 16.15 WIB yang disertai angin.

Setelah mendapat laporan tentang peristiwa itu, BPBD bersama aparat desa, warga, PUPR-PPK, TNI, Polri, Dishub dan CKC melakukan pembersihan pohon yang tumbang. Pada pukul 18.30 WIB, akses jalan sudah dapat kembali dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Kuningan sudah mengeluarkan imbauan agar pohon-pohon tua ditebang untuk mengantisipasi tumbangnya pohon tersebut. Imbauan itu disampaikan ke seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) maupun masyarakat.

Keberadaan pohon tua dinilai bisa membahayakan karena rawan tumbang. Apalagi, saat terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA