Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

668 Warga Purwakarta Derita HIV-AIDS

Kamis 05 Dec 2019 04:03 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

KPA Purwakarta melansir jumlah temuan orang dengan virus HIV/AIDS

KPA Purwakarta melansir jumlah temuan orang dengan virus HIV/AIDS

KPA Purwakarta melansir jumlah temuan orang dengan virus HIV/AIDS

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Purwakarta melansir jumlah temuan orang dengan virus HIV/AIDS mulai dari Tahun 2013 sampai Tahun 2019.

Pengelola Program di Komisi Pengelolaan Aids Kabupaten Purwakarta Wahyu Yulhaidir mencatat penderita virus HIV/AIDS  di Kabupaten Purwakarta mulai Tahun 2013-2019 sebanyak 668 orang.

AYO BACA : Kenali Mitos-mitos Penularan HIV di Hari AIDS Sedunia

Dia menyebut temuan paling rendah di  Tahun 2013 sebanyak 79 orang, namun jumlahnya meningkat lima tahun kemudian atau tepatnya di Tahun 2018 sebanyak 194 orang.

"Kalau tahun sekarang Januari-Agustus ada 94 temuan kasus baru, data tersebut dari Rumah Sakit Bayu Asih. Tahun 2018 Purwakarta menempati posisi ke 11 se-Jawa Barat," ungkap Wahyu, Rabu (4/12/2019).

AYO BACA : Bekasi Tempati Urutan Ketiga Kasus HIV/AIDS Terbesar di Jabar

Ia mengaku, sejauh ini pihaknya terus melakukan antisipasi agar penderita virus tersebut tidak mengalami peningkatan. Bahkan program yang diterapkan dinilai berhasil untuk mengidentifikasi kasus baru.

"Faktor resiko penularan paling tinggi didominasi lelaki seks lelaki (LSL) sebanyak 59%, pekerja seks komersil 10%, lain-lain 7%, pelanggan seks 11% dan pasangan 8%," kata dia.

Kader KPA mendampingi anak yang terpapar dari  orang tuanya dinyatakan positif HIV. Ia mengatakan, ada 5 pasangan yang  dampingan oleh kader.

Dalam menanggulangi HIV/AIDS, pihaknya juga menerapkan program penanggulangan prioritas cakupan pelayanan komprehensif di antaranya dengan perluasan jumlah dan kualitas layanan, tenaga kesehatan terlatih, konselor dan penjangkau.

"Yang paling penting adalah konsep perubahan perilaku, melalui pendekatan agama dan pengetahuan tentang bahaya HIV AIDS bagi Masyarakat," ujar dia menambahkan.

AYO BACA : Banyak Suami Homoseksual di Bekasi, Istri Diminta Hati-hati HIV

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA