Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Hari Disabilitas, Ini Harapan Bupati Trenggalek

Rabu 04 Dec 2019 06:33 WIB

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com

Hari Disabilitas, Ini Harapan Bupati Trenggalek

Hari Disabilitas, Ini Harapan Bupati Trenggalek

Penyandang disabilitas harus diberikan kesempatan yang sama.

jatimnow.com - Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Airifin, menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional yang digelar di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Selasa (3/12/2019).

Peringatan ini juga dihadiri oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak dan Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Inv. Dodik Novianto.

Ratusan penyandang disabilitas tampak semangat saat mengikuti perlombaan yang diselenggarakan dalam peringatan ini.

Bupati Nur Arifin mengajak masyarakat untuk tidak memandang para penyandang disabilitas dengan sebelah mata.

Menurutnya para penyandang disabilitas mempunyai keistimewaan tersendiri, yang tidak dimiliki oleh semua orang.

"Mungkin sebagian orang melihat disabilitas ini terlahir tidak sempurna, namun saya tidak sepakat akan hal tersebut. Kita yang katanya sempurna secara fisik kadang justru tidak sempurna karena menurut saya seseorang lahir di dunia tidak ada yang sia-sia," ujarnya.

Ia juga menyinggung upaya pemerintah yang mencoba mendorong partisipasi perempuan, anak, disabilitas dan kelompok rentan dalam pembangunan melalui Musrena Keren.

Mendirikan Rumah Perempuan yang didalamnya ada Sepeda Keren (Sekolah Perempuan, Disabilitas, Anak dan Kelompok Rentan), menjadi salah satu program yang diunggulkan. Sepeda Keren sendiri bertujuan untuk melatih mereka agar berdaya dalam perekonomian.

"Pada perinsipnya semua bisa berperan dalam perekonomian," ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi semangat warga masyarakat Trenggalek, utamanya beberapa aktivis yang tidak kenal lelah memperjuangkan para penyandang disabilitas.

"Ada rumah disabilitas yang ingin mendekatkan penyandang ini dengan sentra industri. Pertuni dan Dinas Sosial yang mewadahi para penyandang tuna netra untuk dibekali dengan ketrampilan memijat dan masih banyak yang lainnya," pungkasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA