Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

UI Peringkat Pertama Kampus Terhijau di Indonesia

Selasa 03 Des 2019 18:40 WIB

Red: Ani Nursalikah

UI Peringkat Pertama Kampus Terhijau di Indonesia.

UI Peringkat Pertama Kampus Terhijau di Indonesia.

Terdapat 72 yang berpartisipasi dalam UI Green Metric.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) meraih predikat sebagai Kampus Hijau Terbaik berdasarkan UI Green Metric World University Rankings 2019.

"Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau," kata Ketua UI Green Metric Prof Riri Fitri Sari usai mengumumkan kampus terhijau di Balai sidang kampus UI Depok, Selasa (3/12).

Untuk peringkat kedua kampus terhijau terbaik di Indonesia adalah Institut Pertanian Bogor dan ketiga diraih Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Selanjutnya, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Islam Indonesia, Telkom University, dan Universitas Padjajaran.

Menurut dia, pada 2019 jumlah peserta mencapai 780 universitas dari 85 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya 719 Perguruan Tinggi dari 81 negara di 2018. Beberapa negara yang baru bergabung di 2019, yaitu Bosnia dan Herzegovina, Estonia, Guatemala, Mauritius, dan Uzbekistan.

Di Indonesia, terdapat 72 perguruan tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI Green Metric. Riri menjelaskan pemeringkatan UI Green Metric of World Universities dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es) dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas keadaan dan infrastruktur kampus (15 persen), energi dan perubahan iklim (21 persen), pengelolaan sampah (18 persen), penggunaan air (10 persen), transportasi (18 persen), dan pendidikan (18 persen).

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan UI Green Metric merupakan pelopor dalam pemeringkatan melalui pengembangan alat ukur kampus hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh perguruan tinggi di dunia. "Dengan ikut serta dalam pemeringkatan maka perguruan tinggi yang berpartisipasi akan langsung mendukung pengembangan infrastruktur kampus hijau di dunia sebagai upaya mencetak generasi yang peduli akan keberlanjutan lingkungan hidup," katanya.

Berbagai kampus di seluruh dunia telah melakukan berbagai upaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dari PBB 2030 dan melakukan upaya preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim. Saat ini, terdapat 35 Koordinator Nasional dari 30 negara yang tersebar di Asia, Eropa, dan Amerika. Para Koordinator nasional ini sudah mengadakan lokakarya UI Green Metric di negaranya masing-masing, dengan mendatangkan tim ahli dari UI untuk menjadi narasumber.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA