Selasa 03 Dec 2019 18:34 WIB

Dosen UB Ciptakan Aplikasi Siaga Bencana Erupsi Bromo

Warga dapat mengetahui kondisi terkini Gunung Bromo setiap saat.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Gunung Bromo
Foto: Antara
Gunung Bromo

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Tim Peneliti Universitas Brawijaya (UB) menciptakan inovasi baru berbasis IT dalam dunia mitigasi kebencanaan terutama terkait erupsi di Gunung Bromo. Tim pembuatan aplikasi berbasis android dengan nama Bromo Siaga ini diketuai oleh Fadly Usman.

Fadly menjelaskan, Gunung Bromo pada dasarnya secara administratif terletak di wilayah Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim). Gunung Bromo memiliki karakteristik letusan freatik yang menghasilkan abu dan lontaran  material pijar. "Dan berlangsung dalam waktu yang relatif panjang," kata Fadli.

Selama 10 tahun terakhir, Gunung Bromo mengalami beberapa kali erupsi. Hal ini terutama dimulai dari 2010, 2015 sampai dengan 2019. Berdasarkan catatan sejarah, erupsi gunung mengalami perubahan sehingga berpotensi memiliki dampak yang lebih parah.

Aplikasi Bromo Siaga sendiri, kata Fadly, bisa menjadi produk unggulan terbaru. Aplikasi bisa dijadikan sebagai sarana edukasi warga maupun wisatawan. Mereka dapat mengetahui kondisi terkini Gunung Bromo setiap saat.

“Selain untuk mengetahui tujuan wisata favorit di sekitar Gunung Bromo, pengguna juga bisa mengetahui lokasi titik evakuasi ketika terjadi bencana erupsi,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Republika, Selasa (3/12).

Penciptaan aplikasi Bromo Siaga tidak hanya dilakukan oleh Fadly tapi juga melibatkan dua dosen UB lainnya. Antara lain, dengan Eddy Basuki Kurniawan dan Muhammad Fathoni. Fadly juga mengajak masyarakat dan instansi terkait dalam pembuatan aplikasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi menilai, Bromo Siaga sebagai inovasi baru yang memudahkan masyarakat. Hal ini utamanya yang berada di sekitar Bromo terkait tindakan mitigasi bencana. Dalam hal ini termasuk wisatawan dan stakeholder terkait.

Untuk informasi, aplikasi Bromo Siaga dapat diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini dilengkapi dilengkapi fitur-fitur seperti Home, Shelter (titik evakuasi), Vlog, dan CCTV.

Fitur home berisi informasi terkait sejarah Gunung Bromo, peristiwa erupsi, tujuan wisata favorit dan sebagainya. Sementara fitur shelter tentang tempat evakuasi sementara seperti sebaran lokasi dan lain-lain.

Di fitur vlog, pengguna dapat melihat video yang sudah diunggah oleh para vlogger wisatawan Gunung Bromo. Lalu fitur CCTV lebih pada sarana bagi masyarakat untuk mengetahui kondisi dan pemandangan terkini Gunung Bromo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement