Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Masuk Nominasi, Akankah Soekarno-Hatta Jadi Bandara Terbaik Dunia 2020?

Selasa 03 Dec 2019 11:05 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Indonesia tengah bersiap untuk bersaing menjadikan Soekarno-Hatta bandara terbaik dunia pada tahun depan. Seperti apa persiapannya? Intip ulasan berikut ini.

Pemilihan bandara terbaik di dunia jadi ajang tahunan yang rutin digelar dan diikuti oleh hampir seluruh bandara internasional di tiap negara, tak terkecuali Indonesia. Setiap negara melakukan berbagai upaya agar bandar udaranya tampil menjadi unggulan di dunia.

Baca Juga

Jika bandara terbaik di dunia pada 2019 pada peringkat pertama versi Skytrax ‘World Airport Awards’ adalah Bandara Changi di Singapura, untuk bandara terbaik dunia di tahun 2020 masih dalam tanda tanya. Tiap negara, kini tengah bersiap diri untuk tampil unggul.

Akankah Soekarno-Hatta bakal menyabet gelar bandara terbaik dunia di ajang Wprld Airport Awards 2020? Simak ulasan lengkap Cermati.com seputar nominasi bandar udara tingkat dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

10 Besar Bandara Terbaik Dunia 2019

Bandara
Ilustrasi bandara

Dilansir dari laman resmi Skytrax di Worldairportawards, menunjukkan sepuluh besar negara dengan bandara terbaik di dunia. Berikut daftar pemenang dari nominasi bandara terbaik dunia 2019:

1. Bandara Changi, Singapura

Bandara Changi Singapura
Bandara Changi Singapura

Singapura adalah negara yang dinobatkan menjadi pemenang utama dalam ajang pemilihan bandara terbaik dunia. Dengan tampilan dan fasilitas yang diberikan, Bandara Changi mampu menyabet gelar World’s Best Airport 2019 by Skytrax. Bandara Changi Singapore sendiri sudah memenangkan jadi bandara terbaik dunia sebanyak 7 kali sejak 2013-2019.

Baca Juga: Transit di Bandara Changi? Anda Bisa Menikmati Fasilitas Gratis Ini

 

2. Bandara Haneda Tokyo, Jepang

Bandara Haneda Tokyo
Bandara Haneda Tokyo, Jepang

Di posisi kedua bandara terbaik dunia 2019 dimenangkan oleh Bandara Haneda di Tokyo. Bandara Negeri Sakura ini memenangkan penghargaan Skytrax untuk bandara domestik terbaik di dunia dengan fasilitas yang diberikan.

3. Bandara Incheon, Korea Selatan

Bandara Incheon Korea Selatan
Bandara Incheon Korea Selatan

Di urutan ketiga dari kontes Skytrax ‘World Airport Awards’ 2019 ini dimenangkan oleh Bandara Incheon, Korea Selatan. Bandara Incheon ini juga dikenal sebagai bandara internasional yang punya peringkat terbaik dari segi kebersihan hingga pemandangan luar yang ditawarkan.

4. Bandara Hamad Doha, Qatar

Bandara Doha Qatar
Bandara Hamad Doha, Qatar

Bandara Hamad Doha, Qatar, berada di posisi keempat bandara terbaik dunia 2019 dari Skytrax. Berbagai fasilitas yang diberikan bandara internasional di negara emirat Timur Tengah ini telah mengantarkan bandara yang berada di Ibu Kota, Doha, menjadi terbaik keempat dunia.

5. Bandara Hong Kong, Tiongkok

Bandara Hong Kong
Bandara Hong Kong, Tiongkok

Bandara yang memiliki nama lain Chek Lap Kok ini mampu masuk lima besar daftar bandara terbaik di dunia. Bandara Hong Kong di Tiongkok ini menyabet penghargaan bandara terbaik kelima versi Skytrax di ajang ‘World Airport Awards 2019’.

6. Bandara Centrair Nagoya, Jepang

Bandara Centrair Nagoya
Bandara Centrair Nagoya, Jepang

Jepang kembali menyabet penghargaan sebagai negara dengan bandara terbaik dunia. Setelah Bandara Haneda di Tokyo jadi bandara terbaik kedua dunia setelah setelah Changi Singapura, Bandara Centrair di Nagoya juga dinobatkan sebagai bandara terbaik dunia urutan keenam oleh Skytrax.

7. Bandara Munich, Jerman

Lounge di Bandara Munich Jerman
Lounge di Bandara Munich Jerman

Di urutan ketujuh bandara terbaik dunia, diduduki oleh Bandara Munich, Jerman. Bandara yang berada di wilayang eropa ini menyabet penghargaan bandara terbaik dunia 2019 dari Skytrax. Lalu, akankan Bandara Munich bisa meraih gelar salah satu bandara terbaik dunia di 2020?

8. Bandara Heathrow London, Inggris

Bandara Heathrow London
Bandara Heathrow London, Inggris

Negeri Ratu Elizabeth juga dinobatkan menjadi salah satu negara yang memiliki bandara dengan peringkat salah satu terbaik di dunia. Ya, Bandara Heathrow yang berada di London, Inggris, ini menjadi bandara terbaik dunia 2019 di urutan kedelapan versi Skytrax.

9. Bandara Narita Tokyo, Jepang

Bandara Narita Tokyo
Bandara Narita Tokyo, Jepang

Wow, dengan masuknya Bandara Narita di Tokyo sebagai bandara terbaik kesembilan dunia pada 2019, artinya Jepang merupakan negara yang punya bandara tingkat terbaik dunia terbanyak. Negeri Sakura ini punya 3 bandara yang masuk dalam sepuluh besar bandara terbaik dunia, yakni Bandara Haneda, Bandara Centrair, dan Bandara Narita.

10. Bandara Zurich, Swiss

Bandara Zurich Swiss
Bandara Zurich, Swiss

Negara yang dikenal dengan Pegunungan Alpen ini didapuk memiliki bandara terbaik tingkat internasional. Skytrax dalam ‘World Airport Awards 2019’ menempatkan Bandara Zurich di Swiss ini sebagai bandara terbaik di dunia urutan kesepuluh.

Kriteria Penilaian Bandara Terbaik di Dunia

Traveller di Bandara
Ilustrasi traveller di bandara

Pemeringkatan bandara-bandara terbaik dunia yang digelar oleh Skytrax dalam acara ‘The World Airport Awards 2020’ dianggap sebagai ajang penghargaan piala Oscar-nya industri aviasi (penerbangan). Nah, yang menjadi tolok ukur global dari pemeringkatan ini adalah standar airport excellence.

Dikutip dari GoodNewsFromIndonesia.id, metodologi yang digunakan pihak Skytrax dalam survei yang dilakukan untuk menentukan pemeringkatan bandara terbaik di dunia adalah survei daring (online survey) yang diisi oleh para traveller dari seluruh dunia.

Skytrax sendiri mengklaim bahwa survei yang dilakukan sangat transparan. Selain itu, proses survei juga 100% independen, dengan tidak menerima pembayaran dari siapapun, baik itu bandara mana pun atau organisasi lain.

Survei pertama kali yang dilakukan oleh Skytrax untuk menentukan bandara terbaik dunia pada 1999,

Berikut kriteria penilaian bandara terbaik dunia:

Mengutip dari laman survei Skytrax ‘World Airport Awards 2020’,  beberapa komponen yang dijadikan sebagai kriteria penilaian pemilihan bandara terbaik dunia di antaranya:

  • Transportasi publik
  • Pelayanan dan fasilitas penerbangan
  • Pelayanan dan fasilitas keberangkatan
  • Pelayanan dan fasilitas kedatangan dan transfer
  • Kemanan dan imigrasi
  • Kenyamanan terminal
  • Fasilitas Wi-Fi atau jaringan internet
  • Layar informasi keberangkatan
  • Makanan dan minuman
  • Area dan fasilitas perbelanjaan
  • Layanan bantuan pelanggan
  • Pengiriman bagasi

Jika semua komponen itu bisa dipenuhi dengan baik oleh pihak bandara, yang bisa diketahui dari suara atau kepuasan pengguna/para traveller, maka otomatis bandara tersebut masuk dalam jajaran dan menjadi badara terbaik dunia berdasarkan hasil survei Skytrax.

Apakah Bandara Soekarno-Hatta Bakal Naik Peringkat?

Skytrain Soekarno Hatta Airport
Skytrain Bandara Soekarno-Hatta via Kumparan

Bandara Soekarno-Hatta dalam beberapa tahun terakhir memang mengalami perkembangan yang cukup signifikan, mulai dari beroperasinya terminal 3 yang dibangun dengan standar internasional, hingga berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Kemudian kereta bandara yang diberangkatkan dari Stasiun Manggarai dan beberapa stasiun berikutnya menuju Bandara Soetta. Sehingga makin banyak pilihan transportasi dari dan ke bandara internasional yang terletak di Provinsi Banten ini.

Lalu, adanya Skytrain yang memudahkan penumpang untuk berpindah antarterminal di bandara. Begitu juga berbagai fasilitas lainnya yang dinilai semakin mumpuni untuk masuk dalam nominasi bandara terbaik kelas dunia, seperti Wi-Fi dengan kecepatan tinggi, baggage handling dengan sistem yang baik, dan aplikasi Indonesia Airports yang memudahkan penumpang.

Baca Juga: Ke Bandara Pilih Mana, Kereta Bandara, Bus Damri, atau Transportasi Online?

 

Soekarno-Hatta Masuk Nominasi Bandara Terbaik Dunia 2020

Bandara Terbaik
Ilustrasi pemenang

Kembali masuk dalam nominasi, Bandara Soekarno-Hatta terus berbenah agar bisa naik peringkat dalam jajaran bandara terbaik di dunia. Jika saat ini Bandara Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia urutan ke-40 versi Skytrax dalam ajang ‘World Airport Awards’ 2019, dari sebelumnya di posisi ke-45 dunia pada 2018.

Lalu, bagaimana nasib bandara Soekarno-Hatta di pemilihan bandara terbaik dunia tahun 2020?

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, berharap Bandara Soekarno-Hatta naik peringkat yang lebih tinggi lagi sebagai salah satu bandara terbaik di dunia pada ajang Skytrax ‘World Airport Awards 2020’.

Untuk itu, sebagaimana diberitakan Katadata.co.id, Ia berharap seluruh lapisan masyarakat ikut berpartisipasi memberikan suaranya melalui voting buat Bandara Soekarno-Hatta. Dukungan untuk Bandara Soekarno-Hatta ini cukup dengan mengisi survei di World Airport Survey.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan bila Barang Hilang di Bagasi Pesawat?

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA