Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Natal dan Tahun Baru, PUPR Fungsikan 134 Kilometer Jalan Tol

Selasa 03 Dec 2019 05:34 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda

Pekerja menyelesaikan pekerjaan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 di Provinsi Riau. Rencananya Kementerian PUPR akan membuka sejumlah ruas tol fungsional jelang libur Natal dan Tahun Baru.

Pekerja menyelesaikan pekerjaan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 di Provinsi Riau. Rencananya Kementerian PUPR akan membuka sejumlah ruas tol fungsional jelang libur Natal dan Tahun Baru.

Foto: Antara/FB Anggoro
PUPR memastikan membuka ruas jalan tol secara fungsional untuk libur Tahun Baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akan membuka beberapa ruas jalan tol secara fungsional untuk libur Natal dan Tahun Baru 2019/2020. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan akan mengfungsikan sejumlah ruas tol secara gratis selama musim libur tersebut. 

"Iya kalau fungsional nggak ada tarifnya. Iya totalnya segitu (134 kilometer)," kata Basuki usai rapat kerja membahas kesiapan infrastruktur untuk Natal dan Tahun Baru 2019/2020 dengan Komisi V DDPR, Senin (2/12). 

Dia menjelaskan tol fungsional tersebut berada di beberapa ruas. Untuk di Tol Sumatra, kata Basuki, total ruas yang akan dibuka secara fungsional ada sepanjang 42,5 kilometer saat masa libur Natal dan Tahun Batu 2019/2020. 

Tol di Trans Sumatra yang akan dibuka secara fungsional yaitu Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33 kilometer. "Ini ruas tolnya pintu keluarnya di Jakabaring," jelas Basuki. 

Masih di Tol Trans Sumatra, Basuki mengatakan juga alan membuka ruas Pekan Baru-Dumai secara fungsional sepanjang 9,5 kilometer. Sementara di Kalimantan, ruas Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 kilometer juga akan dibuka secara fungsional. 

Begitu juga dengan Tol Manado-Bitung sepanjang 26 kilometer juga akan difungsionalkan selama masa libur Natal dan Tahun baru 2019/2020. "Ruas ini sudah bisa digunakan untuk seksi 1 dari Manado ke Danowudu,'" ujar Basuki. 

Basuki nenegaskan pada dasarnya baik Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra serta jalan nasional sekitar 4.600 kilometer siap digunakan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2019/2020. Dia memastikan kondisinya raya-rata 93 persen bagus dan siap digunakan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA