Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Siapa Konglomerat Paling Pelit?

Selasa 03 Dec 2019 00:22 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Konglomerat Dunia: Total Amal Para Konglomerat Dunia, Jeff Bezos Paling Pelit Ternyata. . .. (FOTO: Getty Image)

Konglomerat Dunia: Total Amal Para Konglomerat Dunia, Jeff Bezos Paling Pelit Ternyata. . .. (FOTO: Getty Image)

Para konglomerat dunia kerap menyisihkan sebagian kekayaannya untuk beramal

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Para konglomerat dunia kerap menyisihkan sebagian kekayaannya untuk beramal. Mereka memberikan jumlah yang berbeda-beda.

Melansir dari Forbes (2/12/2019), ada beberapa konglomerat yang terdaftar paling banyak mendistribusikan uang mereka untuk kegiatan amal pada 2018.

“Kami hanya menghitung uang yang mencapai penerima dan mengecualikan komitmen yang belum dibayarkan, Kami juga tidak memasukkan sumbangan yang dibuat untuk yayasan amal, tetapi yayasan yang belum menghabiskan." jelas Forbes.

Untuk membandingkan besaran amal yang diberikan konglomerat Amerika, ada tiga cara. Pertama, dapat dilihat dari jumlah kekayaan bersih konglomerat itu setiap tahunnya.

Baca Juga: Dihujat! Donasi 'Hanya' Rp1,3 Triliun, Jeff Bezos Kalah Dermawan dari Gates dan Buffett. . .

Selanjutnya, besaran amal juga dapat dihitung dengan pemberian jumlah dana amal tidak pasti. Misalnya, salah satu pendiri Google, Serger Brin, tercatat menyumbang US$25 juta atau sekitar Rp352 miliar pada tahun 2018. Namun, Chronicle of Philanthropy telah menaksir jumlah US$2,2 miliar atau Rp30,8 triliun dari tahun 2000 hingga 2017.

Dan cara yang ketiga, Forbes sengaja tak menghitung sumbangan untuk yayasan. Forbes tak memasukkan sumbangan ke yayasan mungkin dikarenakan distribusi yayasan jauh lebih baik terdokumentasi.

Baca Juga: Bos Apple Sumbangkan US$2,5 Miliar untuk Atasi Krisis Perumahan di AS

Dari data yang ada, kebanyakan konglomerat diketahui memberikan sebagian kecil dari kekayaannya, dengan jumlah yang jauh lebih kecil dari penghasilannya.

Perkiraan tersebut berlaku untun Jeff Bezos, pendiri Amazon. Sebagai salah satu orang terkaya, ia terhitung hanya menyumbangkan 0,12 persen dari kekayaan bersihnya dari tahun 2000 hingga 2018.

Namun, Bill Gates dan Warren Buffett, dua sejoli yang dikenal penderma itu menyumbangkan lebih besar dari angka yang dikeluarkan Jeff Bezos.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA