Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Main Gim E-Sport Butuh Internet Cepat atau Stabil?

Selasa 03 Des 2019 05:15 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Main Gim E-Sport Butuh Internet Cepat atau Stabil?. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Main Gim E-Sport Butuh Internet Cepat atau Stabil?. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Bermain gim sendiri selain menjadi hiburan, juga bisa mendatangkan pundi-pundi uang.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Baca Juga

Bermain gim menjadi salah satu hal yang melekat pada masyarakat sekarang, terutama generasi millenials. Bermain gim sendiri selain menjadi hiburan, juga bisa mendatangkan pundi-pundi uang dengan ikut dalam kompetisi e-sport.

Bermain gim sekarang sudah banyak dilakukan dengan memanfaatkan konektivitas internet. Seiring dengan Indonesia yang sedang memasuki masa penerapan 5G, pemain gim online, khususnya e-sport, tentu bertanya-tanya apakah 5G akan menghadirkan konektivitas yang lebih stabil atau hanya konektivitas yang lebih cepat?

Baca Juga: Sudah Masuki Dunia 5G, Ini Tantangan yang Dihadapi Indonesia

"Jadi, kalau dibahas soal 4G, 5G, dari kita yang penting stabil," ujar Country Director Garena, Hans Kurnia Saleh, di Aston Simatupang, Senin (2/12/2019).

Hans menjelaskan dalam bermain gim, khususnya e-sport, ada yang disebut dengan latensi. Latensi sendiri adalah perhitungan konektivitas yang diukur dengan ukuran milisecond. Makin kecil angka yang muncul pada ukuran latensi dalam milisecond, maka gim sendiri akan lebih optimal jika dimainkan. Latensi sendiri lebih dikenal dengan istilah PING dalam gim e-sport.

Menurut Hans, jika hanya menonton video, latensi tidak akan berpengaruh dalam konsumsi konten. Namun, latensi yang besar akan berpengaruh pada jalannya permainan gim e-sport. "Berapa milisecond aja itu berpengaruh besar kalau bermain e-sport," tambahnya.

Industri e-sport di Indonesia, menurut Hans, cukup rendah. Dalam industri e-sport, Indonesia turun 1 peringkat dari tahun lalu.

"Masih ada banyak yang harus bisa kita kerjakan," pungkasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA