Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

BI Corner Ditargetkan Capai 1.000 Titik Tahun 2020

Senin 02 Des 2019 15:40 WIB

Rep: Anastasia AS (swa.co.id)/ Red: Anastasia AS (swa.co.id)

.

.

BI berikan penghargaan lembaga yang kelola BI Corner terbaik nasional.

Bank Indonesia memberikan penghargaan kepada lembaga yang mengelola BI Corner atau pojok baca dan dongeng Paud terbaik nasional. Program tersebut merupakan inisiasi di bidang sosial bank central dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat, sekaligus sebagai perekat hubungan antara masyarakat dan BI.

Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior BI, berharap kompetisi ini dapat memotivasi pengelola BI Corner untuk terus memberdayakan masyarakat.

“Kegiatan edukasi dan literasi memiliki makna penting bagi kontribusi BI secara nyata. Hal ini dikarenakan peningkatan literasi, termasuk literasi keuangan akan mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Komunikasi ini juga diharapkan dapat membangun ekosistem yang saling mendukung diantara pemangku kepentingan, termasuk masyarakat terhadap kebijakan yang dikeluarkan BI. BI Corner telah dilakukan sejak 2015 dan menjadi salah satu Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Program ini merupakan pembangunan perpustakaan mini dan penyediaan literatur dalam bentuk cetak maupun elektronik dari dalam dan luar negeri.

Sampai akhir 2018, BI corner telah mencapai 772 titik. Sementara untuk Pojok Baca dan Dongeng Paud (PBD) berada di 183 titik di seluruh Indonesia.

Untuk tahun 2020, bank sentral menargetkan 1.000 titik pengelolaan BI Corner di seluruh level pendidikan dan fasilitas publik strategis. “Kami akan mendorong program ini untuk diperluas titik pengelolaanya. Terutama di daerah terluar, terpencil, dan tertinggal,” kata Destry.

Hal ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang kebijakan yang dikeluarkan BI, mengedukasi tugas dan fungsi BI, dan mendorong upaya literasi di masyarakat. “Kami akan memonitor program ini dan melihat kebutuhannya seperti apa. Kami ingin mereka mandiri dan  kreatif dalam pengelolaanya,” kata Destry menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA