Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Kalahkan Alaves 2-1, Madrid Puncaki Klasemen La Liga

Sabtu 30 Nov 2019 21:05 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Bek Real Madrid Sergio Ramos berebut  bola dengan Jose Luis Sanmartin dari Deportivo Alaves. Madrid menaklukkan Alaves 2-1 dalam lanjutan Liga Spanyol.

Bek Real Madrid Sergio Ramos berebut bola dengan Jose Luis Sanmartin dari Deportivo Alaves. Madrid menaklukkan Alaves 2-1 dalam lanjutan Liga Spanyol.

Foto: EPA-EFE/David Aguilar
Madrid untuk sementara mengemas 31 poin dari 14 laga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Real Madrid naik ke puncak klasemen Liga Spanyol menggeser Barcelona. Ini setelah Madrid menaklukkan Deportivo Alaves 2-1 di Estadio Mendizorroza, Sabtu (30/11) malam WIB.

Baca Juga

Berkat hasil ini, Madrid untuk sementara mengemas 31 poin dari 14 laga. Pasukan Zinedine Zidane unggul tiga poin atas Barca yang baru memainkan pertandingan versus Atletico Madrid, Senin (2/12) dini hari WIB.

Sedangkan bagi Alaves, ini merupakan kekalahan ketujuh dari 14 partai terakhir yang memaksa mereka tercecer di peringkat ke-13.

Jalannya laga

Sejak menit awal pertandingan kedua tim saling jual beli serangan. Madrid mendominasi lini tengah permainan dan sukses mencatat empat tembakan dengan dua lainnya mengarah tepat ke gawang Alaves yang dikawal Fernando Pacheco.

Spekulasi tendangan jarak jauh Modric pada menit ke-15 hanya menghasilkan sepakan pojok setelah diblok oleh Pacheco. Tiga menit berselang giliran Isco, melalui sisi kiri pemain asal Spanyol melepas penetrasi ke sudut gawang Alaves yang masih bisa diantisipasi bek tuan rumah.

Alaves mencoba keluar dari tekanan, percobaan pertama tim besutan Asier Garitano terjadi pada menit ke-30 melalui bek tengah Ximo Navarro. Melanjutkan tendangan sudut Victor Laguardia, Nvarro langsung melepas tembakan dengan kaki kanan. Namun, bola masih melebar dari gawang Alphonse Areola.

Tim tamu nyaris membuka keunggulan melalui Karim Benzema pada menit ke-35 usai menerima umpan datar Modric. Striker asal Prancis tersebut langsung mengeksekusi bola menggunakan kaki kirinya, sayang bola berada tipis di tiang gawang Pacheco.

Pada separuh pertandingan Madrid mampu menguasai jalannya laga. Mereka tercatat sukses menguasai penguasaan bola 67 persen berbanding 33 persen milik Alaves. Akan tetapi, hingga peluit turun minum skor imbang tanpa gol masih bertahan.

Memasuki interval kedua Madrid kembali mengambil inisiatif permainan. Isco melakukan usaha pertama yang gagal mengancam gawang Pacheco.

Gol yang ditunggu datang tepatnya pada menit ke-52, lewat kapten Sergio Ramos. Tendangan bola mati yang dilepas Toni Kross langsung disambut tandukan Ramos dari dalam kotak penalti yang mengarah ke sudut kiri gawang yang tak bisa diantispasi oleh Pacheco.

Entrenador Alaves, Asier Gartiano, melakukan rotasi pemain. Oliver Burke masuk menggantikan pemain sayap Luis Roja menit ke-60. Tak berselang lama, publik tuan rumah bergemuruh usai Alaves mendapat hadiah penalti.

Ramos melakukan pelanggaran di area terlarang yang dimanfaatkan dengan baik oleh Lucas Perez sebagai eksekutor penalti. Skor kembali sama kuat 1-1.

Giliran Zinedine Zidane melakukan pergantian pemain. Gareth Bale yang tampil kurang ciamik ditarik keluar dan digantikan oleh Rodrygo menit ke-67. Hasilnya Madrid kembali memimpin.

Pada menit ke-69, Madrid sukses mencetak gol lewat tendangan jarak dekat Daniel Carvajal. Skor 2-1 untuk keunggulan Madrid bertahan hingga injury time delapan menit berakhir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA