Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Penguatan Karakter Jadi Tantangan Mendidik di Era Digital

Sabtu 30 Nov 2019 16:48 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pendidikan/Ilustrasi

Pendidikan/Ilustrasi

Guru di era digital memiliki tugas untuk mendidik karakter.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) Ali Rokhman mengatakan perkembangan teknologi pada era digital perlu diimbangi dengan penguatan pendidikan karakter bagi para peserta didik. Dia mengatakan pendidikan karakter menjadi salah satu tantangan pada era digital.

Untuk itu, dia menilai bahwa tantangan bagi para guru dalam mendidik generasi milenial adalah bagaimana memperkuat pendidikan karakter. "Dalam mendidik kaum milenial, metode pembelajaran juga harus disesuaikan dengan karakteristik generasi ini. Sumber pengetahuan sekarang bisa diperoleh dari mana saja karena difasilitasi teknologi," katanya.

Dia menambahkan, salah satu tugas utama guru adalah mengawal karakter generasi milenial. Guru juga bertugas memberikan inspirasi agar anak didiknya berani untuk berinisiatif dan mempunyai kompetensi yang dibutuhkan masyarakat pada era digital.

Untuk itu, dia mengingatkan agar para pemangku kepentingan terus memberikan perhatian bagi para guru termasuk juga meningkatkan kompetensi guru. "Saran saya, guru jangan terlalu banyak dibebani kewajiban-kewajiban administratif tapi lebih kepada tugas pokok menjadi pendidik," katanya.

Dia mengatakan, SDM unggul merupakan sosok yang tidak hanya cerdas secara intelektual melainkan juga memiliki karakter yang kuat serta memiliki kepekaan emosional dan sosial. Untuk mencetak SDM unggul ada dua hal yang penting untuk diperhatikan.

"Menurut saya ada dua penekanan yang sangat penting yang pertama adalah memperkuat bidang pendidikan dan teknologi. Pendidikan kita harus berorientasi pada penyiapan teknologi masa depan. Dan mengurangi ketergantungan teknologi dari pihak luar. Dan yang kedua adalah penguatan karakter," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA