Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Kemendes Beri Bantuan untuk BUMDes di Mukomuko

Sabtu 30 Nov 2019 16:03 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi Dana Desa

Ilustrasi Dana Desa

Bantuan untuk BUMDes digunakan untuk pengolahan hasil perikanan.

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI memberikan bantuan dana sebesar Rp 1 miliar kepada Badan Usaha Milik Desa  (BUMDes) di Pasar Bantal, Kabupaten Mukomuko. Bantuan ini digunakan untuk pengolahan hasil perikanan dan kelautan berupa ikan kering menjadi pakan ikan.

Baca Juga

“Tahun ini, hanya satu BUMDes di Desa Pasar Bantal mendapatkan bantuan  sebesar Rp 1 miliar melalui program inkubasi inovasi dari Kemendes PDTT. Ini untuk membuat sebuah produk pakan ikan dari hasil pengolahan ikan kering menjadi pakan ikan,” kata Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Perdesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Juni Erwani.

BUMDes ini mendapatkan bantuan dana dari kementerian karena banyaknya bahan baku baik ikan maupun udang sangat melimpah di perairan laut di wilayah ini. Selanjutnya tim dari pemerintah desa akan menggunakan dana bantuan yang masuk dalam APBDes tahun ini untuk penyertaan modal di BUMDes.

Oleh BUMDes, dana akan digunakan untuk membeli berbagai sarana dan prasarana pengolahan ikan kering menjadi pakan ikan. Selain itu dana juga dipakai untuk membeli satu unit kapal beserta mesin dan alat tangkap dan pembangunan gedung pengolahan.

BUMDes bisa memanfaatkan berbagai sarana dan prasarana yang ada tersebut untuk melakukan aktivitas pengolahan hasil perikanan berupa ikan kering menjadi pakan ikan. Ia meminta, kegiatan pembelian sarana dan prasarana untuk pengolahan ikan kering menjadi pakan ikan ini dilakukan tepat waktu.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA