Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

DRA Maksimalkan Pembangunan Pabrik IPO CPO di Sumsel

Sabtu 30 Nov 2019 12:27 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolanda

Wakil Presiden Ma

Wakil Presiden Ma

Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Percepatan IPO CPO untuk mendukung realisasi energi terbarukan bioufuel.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Kamar Dagang Industri (Kadin) Sumatera Selatan akan memaksimalkan pendampingan terhadap pelaku startup dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumatera Selatan. Hal ini diungkapkan Ketua KADIN Sumsel Dodi Reza Alex saat menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2019 di Hotel Westin, Bali, Jumat (29/11).

Baca Juga

"Pendampingan tersebut bertujuan agar iklim investasi di Sumsel dapat berjalan lancar dan maksimal," ucap Dodi yang juga  menjabat Bupati Musi Banyuasin iniDalam kesempatan itu pula, Dodi Reza menyampaikan kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto soal percepatan pembangunan pabrik IPO-CPO di Kabupaten Muba. "Pak Menko Perekonomian siap back up dan sangat mendukung realisasi pembangunan IPO guna menciptakan energi terbarukan bioufuel yang berasal dari pengolahan kelapa sawit petani rakyat di Muba," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Dodi, pendampingan kepada pelaku startup dan UMKM tersebut dilakukan agar mereka bisa naik kelas dan turut berkontribusi mendorong peningkatan ekonomi daerah

"Setelah ini saya akan berkoordinasi dengan Kadin Kabupaten/Kota di Sumsel agar tiap daerah untuk pelaku startup dan UMKM nya dapat didampingi dengan maksimal," ucapnya.

photo
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ketiga kiri) memukul gendang didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kanan), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri), Ketua DPR Puan Maharani (ketiga kanan), Ketua DPD La Nyalla Mattalitti (kedua kiri) dan Ketua Umum Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin Indonesia) Rosan Perkasa Roeslani, saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2019 di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (29/11/2019).

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Sumsel ini menambahkan, tidak hanya berkoordinasi dengan Kadin Kabupaten/Kota, namun dirinya juga akan menggandeng beberapa pihak untuk menghasilkan langkah-langkah yang konkret untuk akselarasi Indonesia yang maju dan berkeadilan.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang dalam kesempatan tersebut hadir, menjelaskan pemerintah kini sedang perupaya menciptakan iklim investasi. Sebab itu kedepannya dia meminta agar Kamar Dagang Indonesia (Kadin) untuk memperdayakan dan pendampingan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar naik kelas. Tidak hanya itu dia juga meminta agar usaha startup di Indonesia juga berkembang luas.

"Kadin dapat memainkan perannya melalui pemberdayaan dan pendampingan UMKM agar naik kelas," kata Ma'ruf Amin saat meresmikan pembukaan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Kadin 2019.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA