Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Menag: Jabatan Itu Amanah

Jumat 29 Nov 2019 14:41 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agung Sasongko

Menteri Agama Fachrul Razi bersilaturrahmi dengan jemaah solat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Jumat (29/11)

Menteri Agama Fachrul Razi bersilaturrahmi dengan jemaah solat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Jumat (29/11)

Foto: Republika/Febrian Fachri
Menag meminta pejabat mengemban amanah dengan bersikap adil.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Menteri Agama RI Fachrul Razi memaknai jabatan yang diembannya merupakan amanah dari Allah SWT yang harus dijalankan sebaik mungkin. Fachrul menyebut jabatan apapun yang dipegang oleh seseorang tidak akan selamanya.

Baca Juga

Untuk itu, kata dia pejabat harus menjalankan tugas sebaik mungkin untuk membela kepentingan orang banyak. "Jabatan itu amanah. Saya sependapat jabatan yang diemban itu tidak akan pernah selamanya," kata Fachrul di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Jumat (29/11).

Untuk diri sendiri dan para pemangku jabatan, Menag berpesan agar hati-hati dalam melakukan tindakan. Ia mengingatkan salah satu hal paling penting dari seorang pejabat ialah sikap adil.

Selain itu, sikap amanah dari seorang pejabat menurut Menag bukanlah saat di depan orang banyak saja. Pejabat harus amanah dalam setiap gerak gerik walau tidak terlihar orang lain.

Fachrul menyebutkan ayat Allah dalam Alquran yang maknanya Allah maha mengetahui sesuatu. "Jangan ketika tidak ada yang melihat, lalu berbuat zalim. Ingat, Allah maha melihat," ujar Fachrul.

Saat bertatap muka dengan jamaah shalat Jumat di Masjid Raya Sumbar, Fachrul meminta restu dan doa untuk mengemban jabatan sebagai Menag yang baru. Walau lahir dan besar di Aceh, mantan Wakil Panglima TNI tersebut punya darah Minangkabau dari ayahnya.

"Saya memohon restu mengatur pemerintahan di bidang keagamaan. Untuk mengeluarkan kebijakan agar kehidupan beragama di Indonesia bisa lebih baik," kata Fachrul menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA