Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Pemkot Bandung Belum akan Tambah Jalur Sepeda

Jumat 29 Nov 2019 10:03 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil

Seorang pesepeda melintasi jalur sepeda diantara para pengendara motor (ilustrasi).

Seorang pesepeda melintasi jalur sepeda diantara para pengendara motor (ilustrasi).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pemkot Bandung akan mengoptimalisasi jalur sepeda yang ada.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta agar Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengoptimalisasikan jalur sepeda yang sudah ada dibeberapa ruas jalan. Ia pun menyebut belum akan dilakukan penambahan jalur sepeda.

Baca Juga

"Optimalisasi yang ada (dan) gak ditambah. Punten seperti di daerah lain, kuantitas ditambah tapi dia gak berfungsi karena berebut dengan moda transportasi lain," ujarnya, Kamis (28/11).

Yana menyebut ruas jalan di Kota Bandung nyaman bagi pengguna sepeda. Selain mengoptimalkan transportasi publik, pihaknya mendorong agar masyarakat bisa memanfaatkan jalur sepeda yang ada.

Terkait dengan keberadaan skuter listrik, ia menilai pengoperasian skuter listrik di Kota Bandung harus diatur dalam regulasi untuk memastikan aman digunakan. Namun, saat ini a mengaku pihaknya masih mengkaji skuter listrik masuk dalam kategori moda transportasi yang mana.

"Skuter harusnya ada regulasinya diatur. Dia masuknya (skuter) jenis apa," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, perlakuan regulasi terhadap skuter listrik di beberapa wilayah berbeda. Menurutnya di Jakarta skuter listrik bisa masuk trotoar dan jalur sepeda. Terkait di Bandung, Yana belum bisa berkomentar banyak sebab masih melakukan kajian.

"Sepintas (skuter) bisa berbagi sharing dengan pejalan kaki di trotoar asal ada batasan gasnya dan safety," katanya.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memastikan untuk zona penggunaaan skuter listrik di Kota Bandung akan diperketat. Kebijakan itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap insiden kecelakaan dan mendorong zero accident (nol kecelakaan).

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA