Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Ustaz Fatih Karim: Halal Itu Inspirasi dan Pelajaran

Kamis 28 Nov 2019 19:19 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Penasihat Halal Expo Indonesia (HEI) 2019, Ustaz Fatih Karim (tengah) sedang menjelaskan cara hidup halal dalam sesi konferensi pers di Hotel  The Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (28/11). Halal Expo 2019 yang mengusung tema

Penasihat Halal Expo Indonesia (HEI) 2019, Ustaz Fatih Karim (tengah) sedang menjelaskan cara hidup halal dalam sesi konferensi pers di Hotel The Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (28/11). Halal Expo 2019 yang mengusung tema

Foto: Republika/Febryan A
Sebagai seorang Muslim harus suka dengan halal.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Penasihat Halal Expo Indonesia, Ustaz Fatih Karim mengatakan, melalui HEI 2019 ingin mengajarkan dan mengajak gaya hidup halal kepada masyarakat.

Baca Juga

"HEI adalah acara yang ingin menyadarkan dan mengajak kita, ayo hidup dengan kehidupan yang halal, ekonomi yang halal, rumah tangga yang halal, muamalah yang halal," kata Ustaz Fatih kepada Republika, Kamis (28/11).

Ia menyampaikan, sebagai seorang Muslim maka harus taat pada aturan yang dibuat oleh Allah yang menciptakan manusia. Sebagai seorang Muslim harus suka dengan halal, seperti ikan suka hidup di air karena kehidupannya di air. Maka sebagai Muslim harus menyambut HEI sebagai sarana untuk lebih memahami halal.

Ia menjelaskan, halal tidak membatasi justru halal adalah inspirasi dan pelajaran jika di lihat dengan positif. Maka kegiatan seperti HEI, Hijrah Fest dan Amazing Muharram harus didukung. Ustaz Fatih juga melihat Indonesia sudah saatnya memimpin dunia.

"Karena kata Nabi, di akhir zaman nanti yang memimpin peradaban adalah negeri paling timur, ternyata negeri paling timur itu Indonesia, jadi Indonesia ini yang memimpin peradaban dunia, bagaimana memimpin kalau enggak paham, maka perlu edukasi, HEI ini sarana edukasi," ujarnya.

Ustaz Fatih juga menilai pemahaman masyarakat Indonesia terhadap produk halal masih perlu ditingkatkan. Sebab masih ada masyarakat yang memahami halal sebatas makanan. Padahal halal sebuah hal yang sangat fitrah.

Dia juga menyarankan agar pemerintah memberi perlindungan kepada masyarakat dari produk yang haram. Selain itu, halal perlu disebarluaskan, maka halal harus didakwahkan. "Halal harus jadi gaya hidup kita bahwa hidup halal itu bahagia," ujarnya.

HEI kali ini mengusung tema 'Halal is Everything'. Sejumlah produk halal akan dipamerkan seperti makanan, fashion, kosmetik, farmasi, properti, pendidikan, travel umrah dan haji serta financial. Sementara konten unggulan dari HEI di antaranya HEISpeak HEIshare, HEIkids dan HEIact.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA