Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Musk Terima Tantangan Adu Tesla Cybertruck dengan Ford F-150

Rabu 27 Nov 2019 11:41 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Indira Rezkisari

CEO Tesla Elon Musk mengenalkan Tesla Cybertruck di California. Tampak di belakang latar foto Cybertruck menarik mobil Ford.

CEO Tesla Elon Musk mengenalkan Tesla Cybertruck di California. Tampak di belakang latar foto Cybertruck menarik mobil Ford.

Foto: EPA
Pertarungan antara Tesla Cybertruck dan Ford F-150 dinilai tidak adil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri perusahaan otomotif Tesla Inc menerima tantangan dari eksekutif Ford untuk mengadu kekuatan Tesla Cybertruck dengan Ford F-150. Tantangan itu dilontarkan eksekutif Ford usai Musk mengunggah sebuah video menampilkan Cybertruck yang berhasil mengalahkan kekuatan Ford.

Tantangan itu bermula ketika Tesla memperkenalkan Cybertruck untuk pertama kalinya pada pekan lalu. Saat itu, Musk juga menampilkan sebuah video memperlihatkan Cybertruck berhasil memenangi kontes adu kekuatan melawan mobil pikap terlaris di Amerika Serikat (AS).

Dengan posisi saling membelakangi, kedua mobil itu diikatkan dengan sebuah tali. Adu kekuatan pun dimulai, lalu tampak Cybertruck dengan mudahnya menarik F-150. Musk pun menyebut kemenangan itu sangat impresif lantaran Cybertruck berada di posisi tanjakan.

Meski demikian, sejumlah jurnalis otomotif menilai pertarungan itu tak adil. Sebab, semua roda Cybertruck memang dibuat bisa bergerak, sedangkan F-150 hanya roda belakang.

Wakil Presiden Ford, Sundeep Madra, juga mempertanyakan keadilan dalam adu kekuatan itu. Ia pun memberikan tantangan kepada Musk.

"Hei @elonmusk kirimkan kami Cybertruck dan kami akan memberikan tes dengan mobil setipe (apple to apple test)," kata Madra lewat akun Twitter-nya, Senin (25/11)

Elon Musk merespons cicitan itu dengan cepat. "Ayo lakukan," ucapnya menjawab tantangan itu.

Dalam percakapan berbeda di Twitter, Elon Musk juga saling berbelas cicitan dengan ahli astrofisika Neil deGrasse Tyson. Fisikawan itu menilai Cybertruck berhasil menarik F-150 bukan karena kekuatan mesinnya. Melainkan kekuatan yang didapatkan ketika roda mendapatkan tekanan yang besar lantaran mobik listrik sangat berat.

Tyson menyarankan, untuk pertarungan yang adil, maka kedua mobil itu harus diberikan beban yang seimbang. Sehingga pertarungannya memang soal kekuatan mesin.

Musk membalas dengan mengatakan motor listrik memiliki torsi yang gila. Meski kedua mobil diisi muatan penuh, ia yakin Cybertruck akan tetap jadi pemenangnya. Musk akhirnya juga menerima tantangan Tyson dan berjanji akan menyiarkan pertarungan di mobil itu secara langsung.

Dilansir dari Independent, Rabu (27/11), dalam proses perkenalan Cybertruck, Tesla juga mengklaim bahwa Cybertruck lebih kencang dari pada Porsche 911. Seperti diketahui Porche 911 bisa berakselerasi dari 0-60 mph (mile per hours) hanya dalam 2,9 detik.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA