Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Tottenham Vs Olympiakos, Mourinho Minta Maaf ke Eric Dier

Rabu 27 Nov 2019 09:43 WIB

Red: Bayu Hermawan

Ekspresi Pelatih Jose Mourinho usai Dele Ali mencetak gol pada laga Tottenham Hotspur versus Olympiakos di Stadion Tottenham Hotspur, Rabu (27/11) dini hari WIB.

Ekspresi Pelatih Jose Mourinho usai Dele Ali mencetak gol pada laga Tottenham Hotspur versus Olympiakos di Stadion Tottenham Hotspur, Rabu (27/11) dini hari WIB.

Foto: AP
Mourinho meminta maaf ke Eric Dier karena menggantinya di babak pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jose Mourinho meminta maaf kepada Eric Dier, karena menariknya keluar lapangan pada babak pertama laga antara Tottenham Hotspur melawan Olympiakos di ajang Liga Champions di Tottenham Stadium, Rabu (27/11) dini hari WIB. Eric Dier diganti oleh Cristian Eriksen saat Tottenham tertinggal 0-2 dari tamunya.

Eric Dier hanya bermain 29 menit pada babak pertama, sebelum Jose Mourinho menariknya keluar lapangan, dan memasukan Eriksen. Keputusan pelatih asal Portugal itu terbukti tepat, karena Tottenham akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan melalui Dele Alli jelang turun minum.

The Lily White akhirnya meraih kemenangan dengan skor 4-2, melalui dua gol Harry Kane dan satu gol Serge Aurier semuanya terjadi pada babak kedua. Tottenham, runner-up musim lalu di bawah Pochettino, lolos ke 16 besar dan pada dua laga di bawah kepemimpinan Mourinho, Spurs sudah mencetak tujuh gol dan kemasukkan empat gol.

Mourinho untuk sementara menghapus perkiraan bahwa dia bakal menghadirkan gaya bermain membosankan di klub London utara itu. Sekalipun pergantian Dier dengan Eriksen berjalan efektif, Mourinho mengaku pergantian itu adalah keputusan paling sulit yang harus diambil dalam pertandingan tersebut.

"Momen paling sulit bagi saya bukanlah dua gol itu, melainkan pergantian pemain yang harus saya buat," kata pria berusia 56 tahun itu yang taktik bermainnya telah membuat dia diganjar trofi di klub mana pun yang pernah dilatihnya.

 "Menyakitkan bagi pemain tapi juga menyakitkan saya. Tidak mudah bagi pemain dan saya. Tetapi yang penting pemain paham dan saya beruntung ada anak sangat pandai yang mau bahwa ini soal tim bukan penampilannya. Saya minta maaf kepada Eric dan sudah jelas saya tak mau menyakitinya."

"Christian memberi kami apa yang kami butuhkan saat itu," ucapnya.

Tottenham Hotspur memastikan diri lolos ke fase gugur Liga Champions, Rabu (27/11) dinihari WIB. Tim asuhan Jose Maurinho masuk babak 16 besar setelah mengalahkan tamunya Olympiakos dengan skor 4-2.

Tambahan tiga poin membuat Tottenham kini mengoleksi 10 poin. Mereka saat ini di posisi kedua klasemen akhir Grup B.

Tottenham menyusul Bayern Muenchen (15) yang sudah lolos sejak pertandingan keempat dan di laga lain berhasil melumat habis Red Star Belgrade (3). Sementara itu, Olympiakos (1) akan memperebutkan satu tiket ke Liga Europa bersama Red Star kala keduanya bertemu di laga pemungkas.

Jalannya pertandingan

Pada pertandingan matchday 5 Grup B, Spurs sempat dikejutkan oleh gol cepat Olympiakos. Pada menit ke-6, tendangan kiri Youssef El-Arabi dari luar kotak tidak sanggup diantisipasi kiper.  Belum sempat membalas, tuan rumah malah kembali dibuat ketar-ketir. Pada menit 19' gol kembali terjadi saat umpan silang Gulherme mampu disodok Rúben Semedo di tengah barisan bek Spurs. Kedudukan menjadi 0-2.

Mou pun melakukan perubahan taktik. Christian Eriksen dibawa masuk menggantikan Eric Dier pada menit 29. Namun hingga 20 menit berselang belum tampak perubahan. Baru pada menit 45+1, Dele Alli menghasilkan jawaban. Tendangan kaki kanannya dari jarak dekat berbuah gol dan menutup babak pertama dengan skor 2-1.

Memasuki babak kedua, Spurs mulai kian mendominasi. Lucas Moura dan Davinson Sánchez nyaris membuat gol pada menit 47 dan 48. Dan pada menit ke 50 Harry Kane akhirnya menyamakan kedudukan. Menerima umpan dari Lucas Moura, Kane melepaskan tembakan dari tengah kotak dan menjadi gol.

Seperti tinggal menunggu waktu, Spurs akhirnya berbalik unggul. Gol Serge Aurier dari kanan gawang pada menit 77' disambut sorak sorai penonton tuan rumah. Kane pun melengkapi momen tersebut dengan gol sundulan menyambut umpan Eriksen.

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Paulo Gazzaniga; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Danny Rose; Eric Dier (Christian Eriksen), Harry Winks; Lucas Moura (Moussa Sissoko), Bamidele Alli (Tanguy NDombele), Son Heung-min; Harry Kane

Pelatih: Jose Mourinho

Olympiakos (4-3-3): Jose Sa; Omar Elbadellaoui, RUben Semedo, Yassine Meriah, Konstantinos Tsimikas; Mohamed Mady Camara, Guilherme, Andreas Bouchalakis (Mathieu Valbuena); Daniel Podence (Lazar Randelovic), Youssef El-Arabi (Guerrero), Giorgos Masouras

Pelatih: Pedro Martins

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA