Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Telkomsel Bangun 681 BTS di Tol Trans Sumatra

Selasa 26 Nov 2019 23:24 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Sejumlah pekerja memperbaiki Base Tranceiver Station (BTS) milik Telkomsel yang terdampak gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (13/10).

Sejumlah pekerja memperbaiki Base Tranceiver Station (BTS) milik Telkomsel yang terdampak gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (13/10).

Foto: Antara/Basri Marzuki
Telkomsel fokus memaksimalkan kapasitas jaringannya di 16 ruas tol utama di Sumatra.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Operator seluler Telkomsel membangun sebanyak 681 base transceiver station (BTS) di sepanjang jalur utama Tol Trans-Sumatra. Direktur Network Telkomsel Iskriono dalam keterangan pers, Selasa, mengatakan sebagian besar BTS yang dibangun itu menggunakan teknologi multi-band Long Term Evolution (LTE).

“Ada 258 unit yang merupakan BTS 4G LTE. Jalan tol yang merupakan jalur utama masyarakat menjadi fokus pemenuhan kapasitas jaringan Telkomsel,” kata dia.

Iskriono menambahkan pihaknya juga mengoperasikan 3 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet, serta menambah kapasitas BTS di ruas jalan tol Trans-Sumatera. Hal itu dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan akses layanan telekomunikasi bagi pelanggan yang melintasi jalan tol.

Menurutnya, Telkomsel juga fokus memaksimalkan kapasitas jaringannya di 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru. Saat ini, di lokasi itu sudah dilayani sekitar 2.226 BTS Telkomsel.

“Sehingga untuk coverage jalur utama tol Trans-Sumatera dan tol Trans-Jawa sudah di-cover sinyal Telkomsel secara continues 100 persen,” kata dia.

Secara keseluruhan Telkomsel telah mengoperasikan lebih dari 209 ribu BTS di mana 77.501 merupakan BTS 4G dan berkomitmen menambah sekitar 22 ribu BTS baru hingga akhir tahun 2019.

Ia melanjutkan untuk mempercepat penambahan coverage dan meningkatkan kualitas jaringan 4G di Indonesia, Telkomsel mengimplementasikan teknologi 4G LTE ini di seluruh BTS di frekuensi 900Mhz.

Sehingga dengan implementasi tersebut, kata Iskriono, Telkomsel kini memperluas jangkauan layanan 4G mencapai 95 persen populasi, menjangkau hampir di seluruh kota/kabupaten yang ada di Tanah Air.

“Beroperasinya BTS broadband Telkomsel di ruas jalan tol Trans-Sumatera mempertegas komitmen kami dalam menyediakan layanan broadband yang merata,” kata dia.

Ia menambahkan penguatan jaringan broadband di jalur tol Trans-Sumatra juga sebagai antisipasi menyambut trafik liburan saat momen Natal dan Tahun Baru.



Baca Juga

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA