Saturday, 12 Ramadhan 1442 / 24 April 2021

Saturday, 12 Ramadhan 1442 / 24 April 2021

Sejak Awal Tahun, 57 Kecelakaan Libatkan KA

Selasa 26 Nov 2019 18:01 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Christiyaningsih

Sejak awal tahun, ada 57 kecelakaan libatkan KA di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Sejak awal tahun, ada 57 kecelakaan libatkan KA di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Foto: ANTARA FOTO
Sejak awal tahun, ada 57 kecelakaan libatkan KA di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sejak awal tahun hingga 26 November 2019, tercatat terjadi 57 kecelakaan di sepanjang jalur KA wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto. Bentuk kecelakaan yang terjadi berupa kendaraan yang tertabrak di perlintasan KA atau warga yang terserempet karena berjalan sepanjang kalur KA.

"Dari jumlah kecelakaan sebanyak itu, hampir seluruhnya menimbulkan  korban jiwa," jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto.

Ia merinci kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua ada sebanyak 25 kejadian. Sedangkan kecelakaan yang melibatkan manusia yang berjalan di perlintasan ada sebanyak 32 kejadian.

Seperti yang terjadi Selasa (26/11), di jalur antara Stasiun Karangsari-Patuguran Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Seorang warga tertabrak KA Fajar Utama jurusan Yogyakarta-Pasar Senen. "Kecelakaan tersebut menyebabkan seorang korban luka parah, bahkan diindikasikan meninggal dunia," jelasnya.

Namun dia menyebut sejauh ini identitas korban masih belum diketahui. Korban berjenis kelamin laki-laki dan berusia sekitar 40 tahun. "Dari informasi yang kami peroleh, masinis KA sebenarnya sudah membunyikan semboyan 35 saat melihat ada orang di jalur KA. Namun korban tidak juga menghindar dari jalur KA sehingga terserempet KA," katanya.

Mengenai kasus kecelakaan di perlintasan, Supriyanto menyebutkan salah satu penyebabnya adalah karena pengemudi kendaraan tidak memperhatikan kondisi jalur KA saat hendak melintas di pintu perlintasan. Terutama di perlintasan yang tidak dijaga dan tidak berpalang pintu.

Secara keseluruhan di sepanjang jalur KA wilayah Daop 5 Purwokerto terdapat 269 perlintasan KA. Namun dari perlintasan sebanyak itu, hanya ada 102 perlintasan sebidang yang resmi dan tercatat oleh PT KAI. Sedangkan 167 perlintasan lainnya merupakan perlintasan tidak resmi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA